Iklan

Lagi, 150 Unit Rumah Komunitas Segera Dibangun di Prabumulih

17 Oktober 2021, Minggu, Oktober 17, 2021 WIB Last Updated 2021-11-03T12:29:49Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


POSMETRO, PRABUMULIH - Sebanyak 150 rumah bagi pemulung, penyandang disabilitas, tukang becak, kuli angkut dan kuli pangkul, dan lainnya tahun ini pembangunannya mulai dilakukan. Terdiri 64 rumah di Kelurahan Anak Petai (Prabumulih Utara), dan 86 di Kelurahan Sukaraja (Prabumulih Selatan).


Pembangunannya, ditandai peletakan batu pertama dilakukan Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM didampingi Wako, Ir H Ridho Yahya MM dan lainnya di Perumahan Komunitas Anak Petai, Minggu (17/10/2021).


Wako, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, sebelumnya Gubernur Sumsel telah melakukan ground breaking 223 rumah. Sekarang telah selesai diserahkan kunci dan sertifikatnya. “Tahun ini, 150 rumah lagi ditambah dibangun. Untuk pemulung, penyandang disabilitas, tukang becak, kuli angkut dan kuli pangkul, dan lainnya,” tukasnya.


Lanjutnya, tahun ini bakal dipasang listrik. Dan tengah proses dan mudah-mudahan Perumahan Komunitas Anak Petai sudah terang. “150 rumah dibangun dari dana Rp 15 juta Baznas, Rp 20 juta dari DAK,” ujarnya.


Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim), Bustomi SE MSi menjelaskan, pembangunan rumah tersebut menggunakan dana Baznas Rp 15 juta perumah dan Rp 20 juta dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) pada 2022.


“1 rumah biaya pembangunannnya Rp 35 juta, pembangunan dilakukan swakelola. Pembangunaan awal telah dilakukan, dimulai dari Perumahan Komunitas Anak Petai 64 rumah. Total keseluruhan rumah, yaitu 150 rumah,” ujar Bustomi, kemarin.


Sebutnya, dana pembangunannya berkolaborasi antara Baznas dan DAK. Berbeda, tahun lalu dananya berasal dari APBN bantuan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).


“2020, 223 rumah dibangun di Perumahan Komunitas Anak Petai. Peruntukkannya bagi penyapu jalan. Tahun ini, 150 rumah lagi dibangun,” rincinya.


Gubenur Sumsel, H Herman Deru SH MM mengapresiasi pembangunan pesat di Kota Nanas ini. “Atas nama Pemprov, kita ucapkan terima kasih program Pemkot guna memenuhi kebutuhan sandang pangan dan papan,” tandas Deru.


Mantan Bupati OKU Timur ini, juga menandai pembangunan 150 rumah lagi. “Semoga menjadi hidayah dan pahala bagi kita semuanya,” tutupnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini