Iklan

Lab PCR Prabumulih Resmi Beroperasi

20 Oktober 2021, Rabu, Oktober 20, 2021 WIB Last Updated 2021-11-22T08:25:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


POSMETRO, PRABUMULIH - Laboratorium PCR RSUD kini dilengkapi peralatan yang baik, kehadiran gedung PCR RSUD Prabumulih pun memberi kebanggaan tersendiri akan lengkapnya fasilitas kesehatan di kota Nanas ini.  Tentunya tidak mudah untuk menghadirkan PCR tersebut, butuh proses yang selektif, bahkan harus mengantongi validasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dan itu sudah dimiliki Prabumulih.


Tidak hanya itu, PCR RSUD Prabumulih pun telah mengantongi izin Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbang Kemenkes), dan hasil uji banding bersama Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang 99 persen.


Pemkot Prabumulih langsung bergerak cepat. Sejak Senin, 18 Oktober lalu Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) RSUD telah beroperasional alias telah melakukan pengujian swab PCR, sebagai deteksi dini kasus Covid-19 secara mandiri. Bagaimana dengan sistem dan syarat pelayanan? Sangat mudah dan simple.


Dimana syarat pendaftaran untuk pasien umum berupa 2 lembar foto copy KTP/KK, sample rujukan fasiltas kesehatan berupa 1 lembar surat pengantar foto copy KTP/KK, selanjutnya nomor handphone pasien, formulir FE dan all record. Nah, untuk waktu pelayanan sendiri Senin sampai Sabtu.  Berikutnya tinggal pengambilan sample sesi 1 dan 2, untuk biaya pemeriksaan Rp. 480.000.


Direktur RSUD, dr Hj Hesti Widyaningsih MKes dikonfirmasi menjelaskan, kalau tarif swab PCR Rp 480 ribu disamakan tarif BBLK Palembang. “Dengan berbagai pertimbangan, juga hasil konsultasi bersama Pak Wako. Ditetapkan tarif Rp 480 ribu sekali uji swab,” ujar Hesti, sapaan akrabnya kepada awak media, belum lama ini.


Hasil uji swab Lab PCR RSUD, kata dia tidak perlu diragukan 100 persen sama dengan BBLK Palembang. “Bagi masyarakat membutukam uji swab, bisa datang langsung juga bisa daftar via WA. Ada 2 sesi kita lakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB, lalu pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB. Paling lama 6 jam hasil keluar. Jika uji swab PCR sesi 1 artinya sekitar pukul 17.00 WIB hasil telah keluar, kalau hasil sesi 2 hasilnya keesokan harinya (pagi sudah bisa diambil),” bebernya.


Masih kata dia, uji swab PCR drive thru juga telah bisa dilakukan guna memudahkan pelayanan kepasa masyarakat membutuhkannya. “Kalau drive thru, masyarakat dalam mobil petugas keluar mengambil sample,” terangnya.


Ungkapnya, hingga Rabu ini (20/10/2021), setidaknya ada 20 sampel akan diperiksa atau dilakukan uji swab PCR. “Senin lalu, informasi kita terima sudah tiga hasil uji swab PCR kita keluarkan. Yang jelas, adanya Lab PCR RSUD ini akan memudahkan dan masyarakat membutuhkan terkait deteksi dini Covid-19 masih di pandemi ini,” tukasnya.


Sementara itu, suasana lingkungan di PCR RSUD Prabumulih sangat representatif, selain tata ruang yang apik, dari sisi kebersihan dan kenyamanan di lingkungan geudng pun sangat mendukung. Warna cat putih dilengkapi fasilitas ruang tunggu, kursi dan sarana penunjang lainnyapun menambah lengkapnya fasilitas yang ada di laboratorium milik Pemkot Prabumulih tersebut.


Sebelumnya, pembangunan gedung Laboratorium PCR, terus dikebut pengerjaannya. Upaya ini untuk percepatan operasional laboratorium guna melayani masyarakat. untuk terus mensosialisasikan kehadiran PCR RSUD, Pemkot Prabumulih terus gencar mensosialisasikannya kepada masyarakat

Komentar

Tampilkan

Terkini