News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melihat Cawako Prabumulih Endorsean Ridho Yahya di Pemilukada 2024

Melihat Cawako Prabumulih Endorsean Ridho Yahya di Pemilukada 2024


POSMETRO, PRABUMULIH - Pada Pemilukada Prabumulih 2024 Ridho Yahya diyakini bakal mengendorse beberapa Calon walikota di luar Legislatif. Meski Lembaga Survey masih menunggu hasil akhir Pemilu Legislatif untuk menentukan siapa tokoh yang memiliki kans tertinggi memenangi Pemilukada kelak, Ridho Yahya telah mengantongi beberapa nama untuk menggantikan posisinya sebagai Walikota Periode 2024-2029. 

Kemungkinan besar ada dua gerbong. Satu Gerbong Eksekutif dan satunya lagi dari luar eksekutif non Legislatif. Untuk gerbong legislatif sepertinya Ridho Yahya sulit untuk mengendorse Partai Golkar meski Golkar sebenarnya tercatat telah membesarkan namanya. Di lingkaran Eksekutif, Ridho Yahya akan mengendorse Suryanti Ngesti Rahayu (Ketua TP PKK) dan Andriansyah Fikri, SH (Wakil Walikota). Sementara di luar Eksekutif Non Legislatif ada tokoh penting yang loyalitasnya tidak diragukan lagi. Ada Deni Vitoria, SH dan Budi Sikumbang. 

Selain loyalitas yang sangat tinggi, Kans dan popularitas kedua tokoh tersebut sangat bagus di mata mayarakat dan keduanya cukup dekat dengan Ridho Yahya. Lantas dr. Rissa yang anak Sulung Ridho Yahya kok tidak masuk dalam Endorse Ridho Yahya? Jawabnya, sejauh ini sudah dilakukan namun hasil survey terbaru, sosok Rissa belum mampu mengalahkan tokoh Politik di Parlemen Kota Prabumulih dan Juga Propinsi Sumsel seperti Ahmad Palo, Hartono Hamid Harmonis, Rizal Kennedi serta Mantan Anggota DPRD H.Eddy Rianto, SH. 

Berbeda jika survey di awal atau pertengahan 2023 Rissa mampu unggul, peta Politik Ridho Yahya diprediksi bakal berubah. Ridho Yahya bisa dipastikan bakal membentuk Kekuatan baru jika partai pemenang Pemilu legislatif 2024 tidak mau berkoalisi dengan calon yang diendorsenya. Atau paling tidak memilih jalan tengah win-win solutions dengan partai pemenang siapa yang jadi nomor 1 dan nomor 2.

Tinggal siapa yang bakal di dorong oleh Ridho Yahya masih tergantung pada survey dan hasil pemilu Legislatif. Begitu, hampir bisa dipastikan sosok yang diendors tidak jauh dari nama-nama tersebut diatas. Tujuannya tentu tidak lain agar warisan atau legacy dari apa yang dia kerjakan, bisa dilanjutkan berkesinambungan serta kepentingan politik lain untuk mempertahankan basis suara jika situasi memungkinkan maju menjadi orang nomor satu di Sumsel 2024 mendatang.

Menilik perolehan kursi legislatif prabumulih 2019, tentu saja Golkar memiliki peluang besar untuk memajukan kadernya sebagai Cawako Prabumulih dan bukan tidak mungkin kursi tersebut masih akan bertahan hingga pemilu legislatif 2024 dan menjadi kekuatan besar membentuk kubu baru menghadapi Cawako endorsean Ridho Yahya. Adapun cawako dari luar Ridho Yahya, bisa dimotori Partai Golkar, PPP, Gerindra, Hanura dan PAN.

Di Kubu ini, bisa saja mengusung nama besar Ahmad Palo, Hartono Hamid dan Syamdakir Edi Hamid serta Rizal Kennedi. Hal ini tentu menjadi pembahasan panjang menuju kata sepakat serta komunikasi politik akan terus dibangun di kubu ini menghadapi segala kemungkinan perubahan dinamika Politik tingkat tinggi. Informaai terkini, elektabilitas partai Golkar di Sumsel masih tinggi meski tokoh penting partai terbentur kasus Korupsi. Sosok pencetus program sekolah gratis dan berobat gratis di Sumsel menjadi pertimbangan lain mempertahankan elektabilitas Partai Golkar di Sumsel.

Demikian juga PPP dan Hanura. Apapun persoalan Partai tingkat pusat, di Daerah khususnya Prabumulih, Partai ini tetap solid dan tak tergoyakan. Tinggal konsolidasi dan komunikasi politik lintas partai perlu dibangun sedini mungkin menghadapi Pemilukada 2024. 

Lantas bagaimana peluang cawako endorsean Ridho Yahya? Jawabnya berpeluang besar jika tidak salah pilih pasangan. Baik itu Suryanti Ngesti Rahayu, Andriansyah Fikri, Deni Victoria dan Budi Sikumbang. Hanya saja di kubu ini perpecahan rentan terjadi jika Ridho Yahya urung mendorong Fikri maju sebagai Walikota. PDI-P bisa saja berkoalisi dengan partai lain mengusung Fikri sebagai Cawako sebab sepak terjangnya di Pemerintahan sudah tidak diragukan lagi. 


Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011