Iklan

Pemkot Targetkan PAD 2021 Meningkat

01 Mei 2021, Sabtu, Mei 01, 2021 WIB Last Updated 2021-05-01T12:11:25Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


POSMETRO, PRABUMULIH - Pemerintah Kota Prabumulih di 2021 menargetkan pendapatan asli daerah meningkat sejalan dengan Program Pemerintah Pusat. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prabumulih, Ratih Puspa saat di sambangi membenarkan tahun ini, semua Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditargetkan naik. Hal itu sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menginginkan pemerintah daerah untuk lebih “mandiri”.

Untuk total Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini, kata dia ditargetkan lebih kurang Rp 30 miliar dari target sebelumnya diangka Rp 28 miliar. “Ada sembilan mata pajak naik,” ujarnya dibincangi di Kantor Walikota Prabumulih, kemarin.

Perempuan berkerudung itu menyebutkan, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari capaian Rp 3,5 miliar di tahun lalu meningkat menjadi Rp 4,5 miliar. BPHTB dari Rp 5 miliar tahun lalu ditarget Rp 7 miliar, Rumah Makan dari Rp3,5 miliar meningkat menjadi Rp 4 miliar, restoran dan penginapan rata-rata mengalami kenaikan mencapai 10-20 persen.

Ditanya bagaimana realisasi pendapatan saat ini? Adik kandung Wakil Walikota H Andriansyah Fikri itu mengaku rata-rata hampir terealisasi 30 persen dari target. “Kalau PBB belum bisa, karena April ini kita baru cetak massal dan masuknya itu biasanya bulan-bulan Agustus, BPHTB baru 30 persen dari target dan rumah makan sudah rata-rata 25-30 persen masuk,” jelasnya.

Ratih mengatakan kedepan akan menerapkan layanan pajak dan retribusi secara online. “Karena lebih bagus dengan penerapan digital ini untuk pajak dan retribusi. Kedepan kita buat pendaftaran online wajib pajak untuk menghindari oknum dan lebih “bersih”,” terangnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini