News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Warga di Beberapa Kecamatan di Muba Keluhkan Jaringan Internet

Warga di Beberapa Kecamatan di Muba Keluhkan Jaringan Internet



POSMETRO, MUBA - Beberapa Kecamatan di kabupaten Musi Banyuasin tercatat hingga kini masih mengeluhkan lemahnya jaringan telekomunikasi internet. Disaat daerah lain telah banyak memanfaatkan jaringan internet untuk meningkatkan ekonomi, di daerah ini justru masih banyak warga yang gagap tehnologi (Gaptek).

"Ketika jaringan internet di daerah lain banyak membantu dunia usaha, kami tidak masalah mas. Yang kami takutkan adalah masa depan anak-anak saat kebijakan belajar dari rumah di terapkan oleh Pemerintah menekan penyebaran virus covid-19, anak kami tidak bisa mengikuti pelajaran melalui daring akibat keterbatasan jaringan internet" ujar Hamdan (45) warga Jirak Raya.

Pantauan Posmetro di lapangan, Beberapa kecamatan yang mengalami lemah jaringan internet (Blank Spot) adalah kecamatan Plakat Tinggi, Jirak Jaya, Lawang Wetan, Lalan, Batang Hari Leko dan sebagian daerah kecamatan Sanga Desa.

Diketahui sebelumnya, Blank Spot sendiri adalah kondisi di mana suatu tempat tidak tersentuh atau tercover sinyal komunikasi. Baik untuk komunikasi analog seperti jaringan telepon atau komunikasi digital seperti jaringan internet. 

Bila suatu tempat terjadi blank spot, maka akan sulit terjadi komunikasi dua arah. Adanya blank spot tentu akan sangat merugikan berbagai pihak. Bukan hanya kerugian materi saja, tetapi juga bisa saja kehilangan data-data penting.

Salah satu warga kecamatan Lawang Wetan AL (38) saat di konfirmasi awak media mengutarakan, bahwa terkadang mereka mengalami kekesalan saat ingin berkabar ataupun mengirimkan pesan kepada keluarga, karena sinyal di desa tersebut sulit sekali, padahal dalam keadaan mendesak.

" Kami harapkan ini menjadi fokus, apalagi di dalam kemajuan Telekomunikasi saat ini, penting sekali jika di daerah kami masih mengalami kendala susahnya jaringan telekomunikasi. Tolong lah dirikan Tower yang dapat menguatkan sinyal disini," ungkapnya dengan kesal, Rabu (7/4/2021).

Sementara itu terpisah warga Batang Hari Leko TR (42) menjelaskan, di desa kami juga mengalami kendala yang sama, setiap kali anak-anak kami ingin mengikuti kegiatan belajar Daring, selalu mengalami kendala kesusahan Sinyal Internet. "Harapannya kami minta pihak terkait agar dapat membenahi problem ini," ungkapnya.

Terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Herryandi Sinulingga AP saat dimintai tanggapan melalui pesan Whatapps mengungkapkan, Kita telah menyurati kementerian kominfo dan seluruh provider yang ada.

" Untuk dapat membangun tower baru sehingga program digitalisasi dapat merata seluruhnya di beberapa titik yang ada di desa masih ada blank spot terus. Kita harapkan kedepannya bebas blank spot dan kita juga patut bersyurur untuk tahun 2020 tadi telah dibangun 21 tower baru yang tersebar di kabupaten Musi Banyuasin," ungkap Lingga Kamis (8/4/2021).


Team

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.