News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tiga Tersangka Kurupsi APBD Ogan Ilir Dilimpahkan ke Kejaksaan

Tiga Tersangka Kurupsi APBD Ogan Ilir Dilimpahkan ke Kejaksaan


POSMETRO, OI - Polres Ogan Ilir secara resmi menyerahkan Tiga orang tersangka kasus dugaan Korupsi Proyek Pembangunan Jembatan antar desa di Indralaya Utara, Jumat (19/03/2021). Hal ini setelah Polres menyelesaikan penyidikan hingga ke tahap P21.

Untuk diketahui, dua dari tiga tersangka kasus korupsi proyek jembatan antardesa di Indralaya Utara, tercatat merupakan aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Ogan Ilir. Satu diantaranya merupakan pembantu staf ahli bupati yang juga mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ogan Ilir berinisial AM.

Seorang lainnya yakni Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek Jembatan Sungai Rambutan-Parit berinisial SA yang saat ini menjabat Kepala Disnakertrans Ogan Ilir. Satunya lagi berinisial CR yang merupakan kontraktor proyek jembatan tahun anggaran 2017.


"Hasil penyidikan kasus ini dinyatakan telah lengkap P-21 dan selanjutnya kita limpahkan ke Kejaksaan untuk diproses lebih lanjut" ujar Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy.

Dijelaskan, sumber dana proyek Jembatan Sungai Rambutan-Parit berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar Rp 6,8 miliar. Sementara total kerugian negara yang ditimbulkan mencapai Rp 2,9 miliar.


"Namun dari BPK mengatakan bahwa ada kerugian negara yang sudah dikembalikan sebesar Rp 250 juta," terang Yusantiyo.

Selain menyerahkan ketiga tersangka, penyidik Tipikor Polres Ogan Ilir juga membawa barang bukti berupa dokumen proyek jembatan tersebut.

Kepala Kejari Ogan Ilir, Marten Tandi, mengungkapkan ketiga tersangka saat ini belum ditahan karena Kejari sedang meneliti alat dan barang bukti korupsi.

"Ketiga tersangka dijerat Pasal 2 Ayat 1 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara"pungkasnya.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.