News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dewan Soroti Proyek Tambal Sulam Jalan Lingkar Prabumulih

Dewan Soroti Proyek Tambal Sulam Jalan Lingkar Prabumulih


POSMETRO, PRABUMULIH - Perbaikan tambal sulam Jalan Lingkar Timur kota Prabumulih dipersoalkan warga khususya pengguna jalan di kota Prabumulih. 


Pasalnya, jalan yang rusak hanya dihampar batu krikil sungai lalu tanpa pengerasan langsung diaspal oleh pihak kontraktor. 


Parahnya, jalan yang diaspal tanpa pengerasan dan hanya menggunakan aspal seadanya yang diangkut menggunakan karung-karung oleh petugas dari pihak kontraktor pemenang tender proyek. 


Padahal, berdasarkan informasi diketahui proyek tambal sulam jalan rusak Jalan Negara termasuk Jalan Lingkar Timur kota Prabumulih tersebut tahun ini bernilai miliaran rupiah. 


"Wajar saja tiap tahun jalan lingkar ini tidak pernah mulus, tiap dikerjakan hanya ditambal sulam seenaknya saja," ungkap Yanto, satu diantara warga ketika dibincangi wartawan, Rabu (24/2/2021). 


Yanto menuturkan, parahnya dalam perbaikan jalan tidak menggunakan batu agregat yang bagus dan batu dihampar tanpa pengerasan lalu para pekerja melakukan tambal sulam aspal hanya menenteng aspal-aspal menggunakan karung. 


"Kalau kita lihat ya hanya cari uang saja kontraktor pemenang tender, asal ada lubang hampar batu lalu diberi aspal dari karung lalu dipijak-pijak agar padat lalu ditinggalkan. Wajat saja jalan lingkar timur kota Prabumulih ini selalu rusak, padahal tiap tahun diperbaiki," katanya. 


Hal yang sama disampaikan oleh Safriyudin yang merupakan warga Kelurahan Karang Jaya kepada wartawan. 


Safriyudin mengungkapkan pihak kontraktor pengerja perbaikan jalan hendaknya melakukan kerja sebaik mungkin sehingga para pengguna jalan merasa puas dengan hasil jalan mulus. 


"Kalau tampal-tampal begini cepat rusak dan tidak lama, harapan kami kepalangan melakukan perbaikan ya bagus-bagus biar hasilnya juga bagus," bebernya. 


Safriyudin menuturkan, dirinya baru mengetahui jika ada perbaikan jalan di jalan lingkar timur tersebut disebabkan tidak ada tanda-tanda pekerja bekerja dan tidak ada plang proyek. "Tidak tahu karena tidak ada papan proyek, harusnya apalagi dibangun menggunakan dana miliaran ya dibangun sebagus mungkin," katanya. 


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkot Prabumulih, Beni Akbari ST mengungkapkan untuk perbaikan jalan lingkar timur karena merupakan jalan nasional atau jalan negara maka bukan keweanangan pihaknya melakukan perbaikan. 


"Kalau untuk perbaikan jalan lingkar timur bukan wewenang kita karena jalan negara," bebernya singkat. 


Sayangnya pihak kontraktor belum bisa dihubungi dan dimintai statmen. Sementara para pekerja yang melakukan pengaspalan mendadak bubar setelah ditegur warga terkait perbaikan tambal sulam aspal agar jangan asal-asalan.


Sementara itu, terkait tambal Sulam Jalan Lingkar Timur dengan anggaran puluhan miliar, yang diduga asal-asalan mendapat sorotan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih.


"Sangat kita sayangkan, kalau kondisinya seperti itu," kata wakil Ketua DPRD Prabumulih H Ahmad Palo SE, saat diminta tanggapan terkait kondisi jalan Lingkar Timur, Kamis (25/2/2021).

Nah, meski bukan merupakan proyek APBD. Namun, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini tetap berharap dinas terkait segera menindaklanjuti keluhan masyarakat. Sebab kata dia, lokasi jalan masih ada di Kota Prabumulih. 


"Memang anggaran bukan dari APBD kita, jalan lingkar itu sudah jadi jalan tukar guling. Tapikan yang menggunakan lalu lintas Masyarakat yang ada di Prabumulih ini utamanya kan. Sehingga kita harapkan Dinas PU (Pekerjaan Umum) cepat turun untuk melihat itu," imbuhnya.


DPRD sendiri lanjut Palo, akan turun kelokasi dalam waktu dekat. "Barang kali dengan komisi 3, kami pimpinan untuk melihat kondis itu. Setelah itu,.baru kita tindaklanjut langkah apa yang akan kita ambil dari DPRD," tuturnya.


Disinggung apakah, kondisi jalan Lingkar Timur yang berkualitas jelek sehingga menjadi salah satu faktor truk masih masuk jalan kota? Palo menegaskan, hal itu bukanlah alasan. 


"Apapun kondisi yang ada disitu (jalan Lingkar,red), truk tidak kita perbolehkan masuk kota. Di perwako itu ada dan tetap dilarang," tukasnya

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.