News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gandeng Bank Sumsel, Pemkot Dongkrak Ekonomi Warga

Gandeng Bank Sumsel, Pemkot Dongkrak Ekonomi Warga


POSMETRO, PRABUMULIH - Tingkatkan perekonomian warga, pemerintah kota Prabumulih kembali menggelontorkan bantuan berupa etalase dan gerobak dorong dengan menggandeng Bank Sumsel Babel, Rabu (23/12/2020).



Ada 125 orang pedagang yang menerima bantuan gerobak dorong dan etalase dengan rincian 100 buah etalase untuk pedagang nasi uduk dan gorengan serta 25 gerobak dorong.


Tidak itu saja, selain menerima gerobak dan etalase pedagang juga menerima bantuan pinjaman lunak dari Bank Sumsel Babel cabang Prabumulih sebesar Rp 1juta rupiah perorang dengan pengembalian sebesar Rp 85.000 perbulan selama 12 bulan.

Wali Kota Prabumulih, Ir H. Ridho Yahya MM dalam kesempatan tersebut mengatakan jika sebelum di bagikan ke warga, para pedagan yang menerima sebelumnya sudah dilakukan survey juga verifikasi.


” Jadi pada saat penyerahan kita akan buat perjanjian agar gerobak dan etalase itu benar dimanfaatkan dengan baik bukan malahan barang bantuan ini dijual,” katanya.


Ridho menjelaskan, terkait pertanyaan tentang efesiensi atau tidaknya pemberian bantuan, yang telah di gelontorkan mulai 2015 lalu apabila ada masyarakat yang meminta sendiri dan sudah banyak juga yang terbantu dengan program ini.


“Ini kan permintaan mereka sendiri,pada sebelumnya pernah kita berikan bantuan dan nyatanya bermanfaat. Kita menyikapi hal itu,daripada diberi uang lebih baik kita berikan mereka Gerobak. Istilahnya daripada memberi ikan lebih baik memberi pancing,” terangnya.


Sementara itu, Kacab BSB Prabumulih, Tian Kadaumpu Yamin menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini pihaknya berperan sebagai Bank Pemberi pinjaman modal usaha berbentuk KUR.


Dari 125 orang yang kita ketahui datanya dari Disperindag,tadi sudah kita lakukan penyerahan pinjaman sebagai percontohan kepada 5 orang penerima bantuan untuk hari ini. “Pinjaman ini bunganya sangat lunak, yakni pinjaman Rp1 juta dengan pembayaran 85 ribu perbulan dikalikan 12 bulan jadi bunganya hanya sekitar Rp20 ribu, sangat lunak,” pungkasnya.


Tian membeberkan, Program KUR ini akan terus berjalan sampai tahun depan. “Untuk kredit usaha rakyat bertujuan membantu masyarakat yang memang membutuhkan modal usaha,” ucapnya.(laili)



Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011