-->

Iklan

Pemuda Batak Bersatu Sumsel Terbentuk. Hotniel : Diharapkan Mampu Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah

junmanurung
24/07/20, 14:29 WIB Last Updated 2020-07-24T07:29:15Z
masukkan script iklan disini
POSMETRO, PALEMBANG - Sejak dibentuk di Bekasi 2018 lalu dan berhasil eksis di Organisasi kemasyarakatan, masyarakat Bangso Batak anak rantau kembali mengadakan pertemuan silahturahmi dan membahas tentang permasalahan di lingkungan masyarakat Pemuda Bangso Batak khususnya anak-anak rantau di bekasi.

Dari hasil pertemuan dan segala pembahasan permasalahan di dalamnya menemukan ide kreatif. Ide tersebut tidak lain adalah misi kemanusian. Pemuda Bangso Batak yang dimotori tokoh Pemuda Batak di Bekasi berhasil merumuskan ide untuk membuat suatu organisasi yang bergerak dibidang sosial dan kemasyarakatan.

"Tujuan pembentukan organisasi ini tidak lain agar bisa menjangkau seluruh masyarakat Batak mengetahui seluruh permasalahan yang dialami dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.

"Dari sana akan terjalin silaturahmi yang baik dan komunikasi dua arah untuk membesarkan organisasi demi kemajuan dan kesejahteraan bersama. Yang pasti jika sudah tergabung akan banyak ide kreatif yang akan tercipta nantinya. Awalnya organisasi diberi nama SAPARSITAONAN  yang berarti Satu Penderitaan" ujar Ketua DPD Sumsel Hotniel P Simorangkir, S. Kom menceritakan awal berdirinya organisasi Pemuda Batak Bersatu.

Dikatakan, seiring waktu berjalan dan koordinasi yang intens dilakukan demi eksistensi dan kemajuan organisasi, Forum kembali menelurkan ide gemilang dimana rencananya Organisasi harus dapat menjangkau masyarakat Batak yang ada di Indonesia.

"Forum berupaya untuk mengembangkan organisasi yang mampu menjangkau masyarakat Bangso Batak di Indonesia dan direncanakan membentuk Organisasi berskala nasional. Dalam waktu singkat dimana saat itu kita mengundang beberapa tokoh muda Bangso batak dan akhirnya menyepakati Organisasi ini kita kembangkan dan berubah nama menjadi Paguyuban Batak Bersatu" paparnya.

Kemudian lanjut dia, pada tanggal 08 September 2018 disahkan Akte pendirian dengan nama “PEMUDA BATAK BERSATU” di hadapan Notaris. Beberapa alasan mengapa berubah nama menjadi Pemuda Batak Bersatu adalah adanya niatan dari seluruh Pendiri. Pengurus dan anggota bahwa perkumpulan ini harus bisa berkembang diseluruh tanah air yang mempunyai harapan adanya persatuan Pemuda Batak di Indonesia berskala Nasional.

Dan saat ini DPP PBB mengembangkan satapnya dan membentuk DPD untuk di Sumatera selatan. DPD PBB Sumsel sendiri sudah terbentuk pada beberapa bulan yang lalu,tepatnya pada tanggal 6 Juni 2020 dan mendirikan sekretariat Dijalan Naskah KM.7 Sukarame palembang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPD Sumsel Hotniel P Simorangkir, S. Kom.saat wawancara 23 juli 2020.

Hotniel P Simorangkir, S.Kom.juga mengatakan besarnya antusias dan kerinduan "Bangso Batak" dalam hal ini adalah orang-orang batak, menginginkan suatu perkumpulan yang garis besarnya merupakan keturunan dan memiliki darah batak dapat bersatu dalam suatu organisasi kemanusian ini,dan dalam organisasi kemanusian ini kita tidak memandang perbedaan beragama semua sama,semua bersaudara. "Satu rasa satu jiwa NKRI harga mati".Tegasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Sekretaris DPD PBB Sumsel Apriadi Sinaga, SE. MM.Beliau menambahkan,setelah terbentuknya DPD PBB Sumel,kita juga akan segera membentuk DPC PBB di 17 Kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan,serta kita akan segera intruksikan DPC PBB juga untuk membentuk PAC PBB Di setiap Kecamatan yang ada dikabupaten/kota.Tegasnya.

Apriadi Sinaga, SE. MM Berharap dengan adanya struktur Organisasi yang terbentuk saat ini dapat berkoordinasi dengan baik dan tetap pada prinsip Satu rasa satu jiwa NKRI harga mati.

Sementara itu dalam menjalankan program kerjanya dibidang kemanusian DPD PBB Sumsel akan berkoordinasi dengan Bendahara dan pengurus DPD PBB Sumsel lainnya.

Menurut Bendahara DPD PBB Sumsel Untung Sitompul,Saat menjalankan program kerja dibidang kemanusian kita akan mengunakan uang kas yang dimana uang kas tersebut bersumber dari iuran anggota dan sumbangan dari dornatur yang memang memang murni demi kemanusiaan.

Untung Sitompul mengatakan"kita akan segera musyawarahkan bersama pengurus lain hal iuran wajib anggota,yang dimana iuran tersebut akan dipergunakan untuk kemanusian seluruh anggota PBB.imbuhnya.

Ditempat yang sama ketua bidang Advokasi Hukum dan Ham DPD PBB Sumsel Desmon Simanjuntak, SH mengatakan semua semua prosudure dan legalitas DPD PBB Sumsel Sudah dilaporkan ke instasi pemerintahan,Hal ini dilakukan agar Pemerintah Sumatera selatan dan Instansi kepemerintahan Sumatera selatan mengetahui Keberadaan DPD PBB Sumsel di Sumatera selatan.

Desmon Simanjuntak, SH juga akan segera menetapkan dan melantik Satgas dan pengurus satgasnya dalam waktu dekat,yang dimana dalam hal ini Satgas merupakan Tulang punggung dari pada suatu organisasi yang berdiri saat ini,kita akan melantik dan memberi pengarahan dibidang hukum yang dimana saat mereka bertugas agar dalam keadaan safety dan segala kegiatan satgas tidak melanggar hukum.Tegasnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Pemerintahan

+
-->