HEADLINE NEWS

Ridho Yahya Instruksikan Dinas Terkait Tertibkan Siswa Mombolos

PRABUMULIH, PP- Banyaknya siswa yang mengenakan seragam sekolah putih abu-abu berkeliaran, duduk nongkrong di beberapa warung yang berada tidak jauh dari kantor Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat di jam pelajaran belakangan menimbulkan pertanyaan di tengah masyarakat.

"Apakah mereka sedang libur atau masih belajar tapi kok berkeliaran. Dimana ini pihak sekolahnya kok dibiarkan begini anak-anak tanpa ada tindakan" ujar Mat Kori (49) Warga Patih Galung.

Banyaknya pelajar tingkat menengah yang berkeliaran di seputaran Bawah Kemang itu menurut warga sekitar bukan lah pemandangan yang baru. Siswa dari salah satu SMK swasta ini  terlihat santai  bersenda gurau  sembari bermain game online bahkan ada juga yang ngobrol sambil merokok.

Begitu, pihak SMK Swasta yang berada di lingkungan kompleks PT Pertamina saat ditemui portal ini tidak menampik jika kebanyakan pelajar yang bolos tersebut merupakan siswa dari sekolah mereka dan itu bukan hal baru namun sudah dari tahun-tahun sebelumnya.

"Itu sudah dari dulu mbak, tapi ini bukan berarti kami pihak sekolah tidak perduli. Namun, kami sudah lelah dan tidak tahu harus melakukan apa lagi untuk menyadarkan mereka" ujar Dedy bagian tata usaha sekolah itu Selasa (02/12/2019).

Laki - laki yang telah bekerja sejak tahun 1997 ini juga menuturkan jika faktor yang memberatkan pihak sekolah dalam mengatasi hal ini adalah kurangnya kerjasama antara sekolah dengan orang tua siswa.Apalagi jika harus menindak tegas siswa, mereka terkadang menjadi sasaran kesalahan.

" Kami juga sudah sering memanggil orang tua mereka, namun terkadang orang tua siswa tidak mau bekerja sama menegakkan peraturan sekolah.Saat kita bertindak tegas ada semacam penolakan dari keluarga siswa.Sudah banyak contoh mbak guru yang tersandung hukum akibat terlalu tegas mendidik siswa," beber Dedy .


Dedy hanya bisa berharap bantuan dan dukungan dari warga sekitar termasuk pemilik warung untuk bisa mengatasi masalah ini.Begitu juga dengan orang tua siswa bersangkutan.


" Saat ini saya pikir partisipasi dari warga sekitar serta pemilik warung tempat nongkrong siswa lah yang bertindak tegas.Tolong kalau ada siswa yang datang berbelanja apalagi duduk di sana pada jam sekolah jangan dilayani, bahkan bila perlu diusir saja, sehingga mereka tidak akan nongkrong lagi disana jika ada penolakan seperti itu," harap Dedy.

Terpisah Walikota Prabumulih, Ir.H.Ridho Yahya saat di mintai tanggapannya mengenai hal ini merasa terkejut dan akan secepatnya menindak lanjuti hal ini dengan memanggil pihak-pihak terkait guna menghentikan kebiasaan buruk pelajar.

"Saya akan secepatnya memanggil pihak-pihak terkait agar kita bisa menyelesaikan masalah anak-anak kita ini.Kita akan duduk bersama untuk mencari tahu sebab musabab serta faktor yang menjadikan pelajar melakukan kebiasaan tersebut," ungkap Ridho saat dibincangi usai menghadiri hari Ulangtahun PGRI di pendopoan rumah dinas Walikota.

Ridho pun berharap dan menghimbau agar orang tua siswa bisa berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak sekolah agar secepatnya permasalahan anak-anak ini dapat teratasi.

" Saya berharap para orang tua jangan hanya bisa menyalahkan pihak sekolah, tetapi mari lah secara bersama-sama mencari jalan keluar dari permasalahan ini.Berkoordinasilah sekolah dan orang tua jangan saling menyalahkan demi masa depan anak-anak kita," tutupnya

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011