HEADLINE NEWS

Closing Ceremony Porprov Sumsel 12TH Meriah

POSMETRO, PRABUMULIH - Ribuan masyarakat Kota Prabumulih di malam penutupan pekan olahraga Provinsi Sumsel XII 2019 tampak memadati taman kota Prabujaya di kota Prabumulih, Selasa (26/11/2019) malam. Mereka seolah ingin turut menjadi saksi Sejarah kesuksesan tuan rumah menggelar ajang unjuk prestasi olahraga tingkat Provinsi Sumsel 2019 malam itu.

Bahkan sebelum acara dimulai, warga dari segala penjuru kota mulai memadati taman kota. Seluruh kantong-kantong parkir kenderaan penuh di kawasan pusat acara digelar. Bahkan tidak sedikit pekarangan warga jadi lahan parkir dadakan di malam penutupan Porprov Sumsel XII 2019.

Jalan Protokol juga turut terkena imbas saat acara penutupan Porprov Sumsel di gelar di Taman Kota Prabu Jaya. Bersempena acara penutupan Porprov, U Turn (tempat pemutaran kenderaan) Jalan Jenderal Sudirman disekitar lokasi acara ditutup total.

Bahkan beberapa jalan alternatif menuju Taman Kota Juga di tutup guna menghindari penumpukan kenderaan di kawasan acara terlebih di jalan A.Yani Kelurahan Prabu Jaya.

Acara penutupan Porprov Sumsel 2019 yang menghadirkan artis juara DA Asia Indosiar yakni Rara asal Kota Prabumulih semakin memicu minat warga luar kota untuk turut hadir malam itu. Jadilah taman kota Prabu jaya tumpah ruah dan disesaki pengunjung.

Pantauam Posmetro, Kegiatan penutupan yang dimulai sekitar pukul 19.30 itu dihadiri Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Akhmad Yusuf Wibowo, Plt Koni Sumsel, para walikota dan bupati di Sumsel dan seluruh pimpinan daerah kabupaten kota se Sumsel.

Pada acara penutupan itu diumumkan jika pemenang juara umum Porprov XII Sumatera Selatan di kota Prabumulih yakni Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan tuan rumah Porprov XIII Sumsel tahun 2021 yakni OKU Raya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Prabumulih, Elman mewakili Ketua PB Porprov XII H Andriansyah Fikri saat menyampaikan laporan pelaksanaan Porprov XII pada penutupan Porprov dilapangan taman kota Prabujaya.

"Kabupaten Musi Banyuasin juara umum pada Porprov ke XII dengan perolehan medali sebanyak 269 medali terdiri dari emas sebanyak 109 emas, perak sebanyak 69 dan perunggu 94 medali," ujarnya.

Sementara juara umum Porprov sebelumnya Kota Palembang harus puas dengan peringkat ke 2 dengan perolehan medali sebanyak 241 medali dengan rincian emas 75, perak 83 dan perunggu 83.
Lalu peringkat ke 3 Kabupaten Pali dengan perolehan medali sebanyak 99 medali dengan rincian emas 33, perak 31 dan perunggu 35.

Sedangkan tuan rumah harus puas dengan peringkat ke 7 dengan perolehan medali 94 dengan rincian emas 22, perak 33 dan perunggu 39.

Sementara Plt KONI Sumsel, Dennie Zainal menuturkan juara umum Poprov XII adalah Kabupaten Muba dan tuan rumah porprov XIII pada tahun 2021 mendatang akan diselenggarakan di OKU Raya.
"Tuan rumah Porprov 2021 mendatang OKU Raya," katanya.

Walikota Prabumulih Ridho Yahya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumsel yang telah mempercayakan Kota Prabumulih sebagai tuan rumah Poprov Sumsel XII.

"Dari awal hingga akhir kami berupaya sebaik mungkin melayani atlet dari 17 kabupaten kota, seluruh instansi bersatu menyukseskan karena taruhannya jabatan," bebernya.

Dalam kesempatan itu Ridho juga menegaskan, jika kedepan kabupaten kota lain tidak sanggup ditunjuk sebagai tuan rumah maka Kota Prabumulih siap untuk menggantikannya.

"Kalau selama ini selalu dipindahkan ke Palembang, Prabumulih kedepan siap menggantikannya," tegasnya.

Suami Suryanti Ngesti Rahayu itu berharap hasil Porprov XII dapat dijadikan bahan evaluasi setiap daerah dalam hal pembinaan olahraga.

"Saya yakin kalau semua komitmen memajukan atlet dan memberdayakan atlet sendiri maka kedepan kita bisa bicara ditingkat nasional dan internasional," tuturnya.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya menuturkan kepada seluruh kabupaten kota yang belum berhasil meraih juara untuk melakukan evaluasi dan terus berlatih kedepannya sehingga bisa menjadi juara.

"Terus berlatih dan terus berjuang sehingga kedepan menjadi juara," bebernya.

"Dengan mengucap alhamdulilah maka saya nyatakan pekan olahraga provinsi (Porprov) XII Sumatera Selatan secara resmi ditutup," kata Wagub Sumsel disambut tepukan meriah seluruh warga yang hadir.

Di tempat terpisah, kepala dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Prabumulih Joko Firdaus yang dimitai tanggapannya seputar pelaksanaan Porprov XII 2019 mengaku semua keberhasilan Penyelenggaraan porprov tidak terlepas dari dukungan seluruh element masyarakat Kota Prabumulih serta dari keseluruhan panitia baik Provinsi maupun Kota Prabumulih.

"Seperti yang diungkapkan Pak Walikota tadi. Keberhasilan itu tidak datang dengan sendirinya tanpa dibarengi dengan kerja keras dan semangat yang tinggi. Ini juga merupakan pembuktian dari Walikota bahwa, Prabumulih memiliki kemampuan dalam menyelenggarakan event setingkat porprov" ujarnya.

Dengan ini lanjut Joko, kedepan Kota Prabumulih juga dipercaya menggelar event yang sama. Kota Prabumulih segera menjadi tuan rumah pagelaran Peparprov Sumsel 2019.

"Alhamdulilah dan Insya Allah dari suksesnya pagelaran Porprov Sumsel XII 2019 di Kota Prabumulih, maka tahun ini juga kita dipercaya kembali menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan Peparprov II NPCI Sumatera Selatan. Maka dengan ini kami berharap dukungan semua pihak untuk kembali bergandengan tangan mensukseskan kegiatan tersebut di tahun ini" tandasnya. (adv)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011