HEADLINE NEWS

Terciduk, Pelaku Illegal Tapping Digelandang ke Kantor Polisi

POSMETRO, PALI - Sailindra (38), warga Desa Lubuk Mumpo,Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim tertangkap tangan oleh security PT Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field tengah melakukan pencurian minyak di lokasi Betung jalur Line dari Sumur BTG#15 ke Stasiun pengumpul (SP) Betung Pertamina EP Pendopo Field.

Kejadian tersebut berlangsung, Selasa (1/10) sekitar pukul 02.50 WIB, berawal dari informasi Jaring kepada Nikmatul Huda (security), bahwa telah terjadi pencurian minyak kondensat di line pipa Lokasi Betung #15. Benar saja, saat dicek didapati pelaku tengah melakukan pencurian dengan menggunakan jerigen dan mengendarai sepeda motor.

Ast Manager Pertamina Pendopo, Ferry Prasetyo Wibowo mengatakan, bahwa penangkapan pelaku tersebut Nikmatul Huda melaporkan kepada Senior Security Staff dan memerintahkan Senior Security Staff agar dilakukan pengintaian dan penangkapan.

"Setiba di dekat TKP, tim melakukan pengintaian dan mendekati TKP. Tim Non fik melihat tersangka sedang membawa jerigen berisi minyak kondensat dengan menggunakan sepeda motor. Lalu dilakukan penyergapan dan penangkapan terhadap pelaku beserta barang bukti yang dibawa. Selanjutnya melakukan cek TKP tempat pencurian di Lokasi BTG#15," terangnya.

Dari hasil olah TKP pihaknya menemukan jalur line pipa minyak yang sudah di hottep dengan cara melubangi pipa minyak menggunakan driff besi, line pipa yg dirusak mengalirkan minyak kondensat ke lubang yang sudah dibuat bak tempat penampungan dalam tanah.
Lalu dipindahkan kedalam jerigen untuk diambil dan dicuri.

"Tersangka dibawa ke Posko Pendopo bersama barang bukti antara lain minyak kondensat sebanyak lima jerigen ukuran 35 liter dan satu jerigen ukuran 10 liter, sepeda motor Merk Honda Blade Nopol BG 3922 IS, tas berisi air minum dan makanan, 1 buah tas pinggang berisi uang senilai Rp713 ribu dan peralatan untuk merusak pipa dan handphone. "Kemudian kita akan serahkan tersangka ke Polsek Gunung Megang," jelasnya.

Dihadapan petugas Pertamina pelaku mengakui perbuatanya, yang baru beberapa kali dilakukanya. "Saya menyesal pak, saya melakukan ini baru beberapa kali saja pak. Dan minyaknya ada orang yang membelinya untuk ditampung," kilahnya. 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011