HEADLINE NEWS

DPBK Pali Rencanakan Bangun Pos Penanggulangan Kebakaran

POSMETRO, PALI - Sepanjang 2019, tercatat ratusan hektare lahan kosong maupun produktif di Kabupaten Pali mengalami bencana kebakaran. Selama itu pula Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (DPBK) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berjibaku memadamkan api agar tidak meluas. Dan untuk meminimalisir terjadinya kebakaran secara terus menerus, DPBK Pali mewacanakan untuk mendirikan posko penanggulangan kebakaran di setiap kecamatan.


Wacana itu diutarakan Kepala DPBK Kabupaten PALI, Ibrahim Cik Ading, bahwa rencana mendirikan posko tersebut berguna untuk mempercepat langkah penanggulangan kebakaran ketika ada kejadian.


"Saat ini hanya ada di ibukota Pendopo Kabupaten PALI, jadi ketika ada kejadian di daerah atau wilayah yang cukup jauh, ketika kami datang rumah atau lahan yang terbakar sudah habis dilalap api," ujarnya.


Pada wacana tersebut, bukan hanya didirikan posko saja, melainkan akan dilengkapi armada Damkar dan satu unit mobil tangki air. Dan juga bakal mendidik seluruh petugas Damkar untuk meningkatkan kemampuan petugas.


"Kita bakal lengkapi dengan mobil Damkar dan tangki air, agar ketika laporan masuk, bisa cepat bergerak. Percuma alat lengkap kalau SDM belum paham mengoperasionalkan alat tersebut dan mental petugas dilapangan belum siap hadapi kebakaran yang terjadi. Jadi untuk meningkatkan kemampuan, kita bakal lalukan pelatihan. Namun wacana tersebut masih akan kita ajukan ke pimpinan, dalam hal ini pak Bupati," pungkasnya. 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011