HEADLINE NEWS

Pengedar Narkoba Lintas Lembak Tewas Diberondong Peluru

POSMETRO, GELUMBANG - Satu pelaku pengedar Narkoba jenis Sabu atas nama Rusman (34) Warga Pali tewas di terjang peluru anggota gabungan Res Narkoba Polsek Lembak dan Gelumbang setelah sebelumnya sempat dirawat intensif selama 2 hari di RS Bhayangkara Palembang.

Informasi yang dapat dihimpun, penangkapan pelaku bermula dari Informasi masyarakat yang menyebut pelaku kerap melakukan transaksi Narkoba lintas kecamatan di wilayah Kecamatan Gelumbang dan Lembak. Menindaklanjuti informasi tersebut Kanit Reskrim Polsek Gelumbang dan Polsek Lembak berkoordinasi dgn Sat Res Narkoba Polres Muara Enim.

Tak lama setelah itu, Kasat Res Narkoba Muara Enim membentuk tim gabungan dari Sat Res Narkoba Polres Muara Enim dan Polsek Gelumbang serta Polsek Lembak untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaku. Besoknya sekira pukul 12.00 wib, setelah tim terbentuk, tim mendapatkan informasi bahwa pelaku akan melakukan transaksi di wilayah Kecamatan Gelumbang.

Untuk memancing pelaku keluar, Team melakukan langkah Undercover Buy dan pembuntutan terhadap pelaku yang akan melakukan transaksi di Desa Payabakal Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Sayangnya saat itu transaksi batal dan berubah ke arah perbatasan Desa Alay Kecamatan Lembak dan Modong Kecamatan Sungai Rotan.

Tidak ingin buruannya lepas, petugas terus menyusuri lokasi transaksi yang dimaksud hingga ke Desa Alai Kecamatan Lembak. Hal yang diinginkan pun tercapai, sekira pukul 15.00 wib pelaku datang ke lokasi dengan membawa barang bukti narkoba.

Pada saat pelaku akan bertransaksi, Team Gabungan langsung mengamankan Barang bukti dan pelaku, namun saat akan ditangkap pelaku melakukan perlawanan dan melarikan diri kemudian dilakukan pengejaran oleh tim dan memberikan tembakan peringatan keatas

Pada saat pengejaran salah satu anggota sempat  memegang pelaku namun pelaku mendorong dengan keras anggota sehingga anggota terjatuh yang berakibat anggota mengalami patah tangan sebelah kanan.

Mengetahui buruannya kabur, Petugas lannya tanpa komando langsung melakukan pengejaran.  Dalam pengejaran yang dilakukan sempat terjadi perkelahian dan perlawanan antara pelaku dan petugas. Dimana pelaku mengeluarkan senjata tajam yg diayunkan dan diarahkan kepada salah satu petugas.

Ditengah kondisi petugas yang terancam, pelaku langsung diberi tindakan tegas dan terukur dengan melepaskan tembakan kearah pelaku untuk menghentikan dan melumpuhkannya. Pelaku rubuh ke tanah bersimbah darah.

Saat itu juga pelaku langsung dilarikan ke Rumah Sakit Puskesmas lembak untuk mendapatkan perawatan intensif. Mengingat peralatan yang terbatas di Puskesmas Lembak, pelaku terpaksa dirujuk ke RS Bhayangkara beserta 2 anggota yang mengalami luka akibat perlawanan Tersangka.

Setelah dirawat 2 hari di RS.Bhayangkara Palembang, pelaku mengalami kritis dan pada Kamis (29/08/2019) sekira pukul 09.45 WIB pelaku dinyatakan tewas. Sementara barang bukti jenis sabu dan extasy dibawa ke Sat Narkoba guna dilakukan Penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono SIK yang di konfirmasi melalui Kasat Res Narkoba Polres Muara Enim di damping Kapolsek Gelumbang AKP, Dwi Satya SIK, membenarkan peristiwa tersebut. Pihaknya lanjut Kapolsek saat ini tengah mempersiapkan pemulangan jenazah pelaku untuk diserahkan kepada pihak keluarga dan selanjutnya dikebumukan.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011