HEADLINE NEWS

Pelaku Curanmor di Mangga Besar Keok Diberondong Peluru

POSMETRO, PRABUMULIH - Pelaku pencurian yang yerekam CCTV di masjid Kelurahan Mangga Besar beberapa waktu lalu, akhirnya terungkap setelah pihak Kepolisian Polres Prabumulih berhasil menggagalkan aksi begal di depan SPBU Cambai kemarin, Rabu (07/08/2018).

Dalam penangkapan, Petugas sempat mengalami kesulitan, sebab pelaku sempat curiga dengan situasi saat itu. Benar saja, pelaku yang mengetahui ada Polisi,  langsung saja melarikan diri. Polisi sadar buruannya kabur langsung melakukan pengejaran dan beeusaha menghentikan pelaku dengan tembakan peringatan.

Pelaku yang tergolong lihai terus saja berlari dan tak menghirauakan suara tembakan peringatan hingga akhirnya tak sadar lalu tersungkur setelah peluru yang dimuntahkan senjata aparat kepolisian menembus kakinya.

Pelaku bernama Putra Sanjaya warga desa penandingan itupun rubuh ke aspal berlumur darah. Seketika itu juga Polisi langsung melarikannya ke Rumah Sakit guna menjalani perawatan sebelum pelaku di proses hukum lebih lanjut.

Kapolres Prabumulih AKBP. Tito Hutauruk S.IK dalam konferensi Pers di Mapolres Prabumulih membenarkan telah menangkap salah seorang pelaku pencurian kenderaan bermotor atan nama Putra Sanjaya (22) warga Penandingan Sungai Rotan Muara Enim Sumatwra Selatan.

Pelaku ditangkap pada Rabu (7/8/2019) pukul 17.00 WIB saat akan menjalankan aksinya di depan SPBU Cambai, Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Cambai. Dari tangan pelaku berhasil diamankan  senjata api rakitan (senpira) beserta 1 butir amunisi dan kunci leter T yang biasa digunakan oleh pelaku untuk melancarkan aksinya.

Pelaku menurut Kapolres juga merupakan pelaku pencurian sepeda motor Honda Beat di rumah makan Cambai Jaya pada bulan Juni 2019 lalu. Selain itu, pencurian sepeda motor yang terekam CCTV di Masjid Kelurahan Mangga Besar juga meeupakan tindakan pelaku.

Dari pengakuan Putra kepada polisi mengatakan ia telah 2 kali melakukan aksi pencurian motor. Senjata api yang dimilikinya digunakan untuk menakuti para korban.

"La 2 kali maling motor. Motor di jual ke Pali seharga Rp 3,5 juta. Dalam beraksi sering bawa senpi. Tapi senpi itu punya teman. Uangnya buat makan sehari hari dan buat bantu nenek," ungkapnya.

Dalam konferensi pers pengungkapan kasus, Kapolres Prabumulih didampingi Kasat Reskrim AKP Abdul Rahman SH mengatakan, pelaku dalam beraksi tergolong sangat kejam dan sadis yang siap melukai korbannnya. Terbukti sudah beberapa kali melakukan pencurian.

"Pelaku terpaksa kita hadiahi 7 butir timah panas karena melawan saat ditangkap. Ingat ini pelajaran keras bagi pelaku curanmor yang sering beraksi di Kota Prabumulih. Satu senpira dan peluru kaliber 5,56 kita amankan dari Putra. Pelaku kita ancam pasal 365 dengan ancaman 7 tahun penjara," pungkasnya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011