HEADLINE NEWS

Lagi, Mutasi Jabatan Digelar. Warga : Kapan Lagi Begawenyo?

POSMETRO, PRABUMULIH - Belum berselang lama dari Pelantikan Esselon 2 di Gedung kesenian, Senin (05/08/2019) lalu, Sore ini, Jumat (09/08/2019) Mutasi Jabatan atau Pelantikan Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Prabumulih kembali digelar.

Tercatat, 11 Pejabat setingkat Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Kepala Sub Bagian kembali mendapatkan rotasi Jabatan. Seperti Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Kota Prabumulih yang sebelumnya dijabat oleh Ir. Taviv Maryadi kini digantikan oleh Yusdi A.ma. AK.

Yusdi sendiri sebelumnya menjabat sebagai Kasi Pengoperasian prasarana di Dinas Perhubungan Kota Prabumulih. Kemudian, Kasi Pemanduan Moda dan Tehnologi yang sebelumnya dijabat oleh Asnadi, SH, kini di gantikan oleh Derali H. S.IP yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Perencanaam dan Evaluasi Program di Dinas Perhubungan Kota Prabumulih.

Selain dari Dinas Perhubungan, SKPD lainnya seperti jabatan di tingkat Kelurahan juga mengalami sejumlah Pergeseran. Sebut saja Kasi Pemerintahan dan Ketertiban Umum Kelurahan Majasari yang di jabat oleh Hetty Kusrini SE kini dimutasikan menjabat Kasubbag perencanaan Dan evaluasi Program di Dinas Perhubungan. Sementara Jabatan Hetty kini di isi oleh Junaidi S yang sebelumnya menjabat Kasubag umum dan kepegawaian di Dinas Lingkungan Hidup.

Trisia Widiastuti SP yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana pada Dinas Pertanian Kota Prabumulih kini di promosikan menjabat sebagai Kasubbag Umum dan Kepegawaian di Dinas Lingkungan Hidup Kota Prabumulih.

Kemudian Imas Rohimah yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana pada Kelurahan Tanjung Rambang kini naik menjadi Sekretaris Kelurahan Rambang. Kemudian Karyono SP yang sebelumnya Menjabat sebagai pelaksana di Dinas Pettanian kini menjabat Kasi Pengolahan dan Pemasaran di Dinas yang sama.

Pergesaran jabatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pemerintah Kota Prabumulih lantai satu itu juga menyasar ke Kecamatan. Seperti Jabatan Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat Kelurahan Prabujaya kini di jabat oleh Nurlaila. Nurlaila sendiri sebelumnya menjabat Pelaksana pada Kecamatan Prabumulih Timur.

Ke sebelas adalah Sekretaris Lurah Karang raja. Jabatan ini di isi oleh Dodi Wijaya SE. Dodi sendiri sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana pada Dinas Kependudukan dan Capil Kota Prabumulih.

Pelantikan dan pengambilan sumpah para pejabat kali ini dipimpin langsung oleh Sekeretaris Daerah Kota Prabumulih Elman, ST, MM.

Dalam sambutannya Elman mengatakan bahwa tujuan pelantikan dilakukan tak lain adalah untuk memberikan pelayanan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang di inginkan oleh masyarakat. Sebagai konsep kebijakan dalam kepegawaian, rotasi merupakan kebutuhan yang harus dilakukan oleh suatu organisasi.

"Saya harapkan, kepada saudara yang baru saja dilantik dapat secara sungguh-sungguh memperhatikan disiplin stafnya untuk memperhatikan kepatuhan jam masuk dan pulang kerja serta dapat menjadi contoh terhadap bawahan" ujarnya.

Terkait pelantikan para pejabat dilingkungan Pemkot Prabumulih yang digelar hampir sekali dalam seminggu ternyata tidak sedikit yang memberikan komentar pedas. Meski sebahagian banyak yang mendukung dan berpikiran positif terhadap mutasi jabatan, jumlah yang kontra juga tidak bisa diabaikan.

Seperti yang disampaikan Nurani (45) warga Sukajadi. Ia mengaku rada curiga dengan Pelantikan yang hampir tiap bulan, bahkan ada yang belum genap seminggu sudah ada lagi pelantikan.

"Ia kapan lagi mau kerja kalau Pelantikan terus. Ini kita mau ada urusan dengan Pemerintah kan jadi ragu. Hari ini berkas kita serahkan ke Kasi Pemerintahan ini misalnya, eh besoknya sudah ganti. Kemudian minggu depan sudah berubah lagi. Jadi kapan begawenya klo pelantikan terus" ujar Mbak Nur.

Hal berbeda disampaikan oleh Jumali (49) Warga Mangga Besar. Ia mengungkapkan, jika ingin melihat pelayanan Pemerintah yang lebih baik, Kepala Daerah harus berani merombak jabatan dan memberikannya ke pejabat yang berprestasi tanpa adanya unsur politik.

"Kalau saya sangat sepakat di rotasi dengan catatan tidak ada unsur politik apalagi unsur jual beli jabatan. Rombak habis dengan catatan tanpa ada unsur Politik dan unsur-unsur lainnya yang bisa memperkaya kelompok atau perorangan" pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pengamat Politik dan Pemerintahan Kota Prabumulih Pohan Maulana. Pelantikan pejabat yang diambil alih oleh Sekda Kota Prabumulih kali ini, Pohan mengaku agak pesimis.

"Pesimisnya bukan tidak percaya dengan dasar hukum pelantikan atau yang berkaitan dengan kinerja pejabat yang dilantik, namun lebih kepada jarak pelantikan yang hanya empat hari saja seyelah pelantikan Kepala Dinas Perkim kemarin. Disini yang kita pertanyakan lebih kepada kinerja BAPERJAKAT nya" ujar Pohan.

Pohan curiga, Pelantikan yang dilakukan bukan mengacu atau melalui badan pertimbangan jabatan dan Pangkat (Baperjakat) namun lebih
daripada itu, pelantikan dilakukan mengacu kepada badan pertimbangan jauh dekat.

" Jatuhnya kira-kira seperi itu, badan pertimbangan jauh dekat" pungkasnya.




Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011