HEADLINE NEWS

Dua Rumah di Pali Ludes Dilalap Api

POSMETRO, PALI - Warga Talang Ubi, Kabupaten Penukal  Abab Lematang Ilir (PALI) mendadak geger melihat kepulan asap dari sebuah rumah di Jalan Bakalan RT.17 Talang Ojan Kecamatan Talang Ubi pagi menjelang siang Jumat (09/08/2019). Pasalnya terjadi kebakaran didua tempat

Rumah tersebut tak lain milik pasangan Sukori (39) dan Yeni (35). Melihat kepulan asap, warga yang melihat langsung berteriak kebakaran. Cuaca panas disertai angin mengubah kepulan asap menjadi api. Sebentar saja api cepat membesar.

Informasi yang dapat dihimpun, kebakaran diduga disebabkan korsleting listrik. Api bermula dari ruang tengah yang bersebelahan dengan dapur korban. Saat itu Yeni mendengar sura letusan kecil seperti suara korseleting listrik “Kretes, kretes”, saat melihat kebelakang api sudah besar. Sontak ia pun langsung berlari ke jalanan untuk meminta pertolongan warga sekitar.

Malang tak dapat di tolak, api yang diguga berasal dari korseleting listrik itu, dengan cepat membakar dinding ruang tengah yang terbuat dari papan berikut perabotan yang ada di ruangan itu, api dengan cepat merambat ke kamar tidur.

Warga yang mengetahui kejadian langsung saja menghubungi pemadam kebakaran. Tak lama kemudian, satu unit mobil pemadam milik PT. Pertamina Aset 2, Field Pendopo tiba dilokasi dan Damkar milik Pemkab PALI. Kurang lebih satu jam api berhasil dipadamkan.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun menyisahkan kerugian bagi keluarga ini karena, seluruh perabotan elektronik, kulkas, televisi dan pakaian ludes terbakar menjadi puing puing, karena api begitu cepat membesar lantaran rumah terbuat dari kayu.

Tak berselang lama, kebakaran kembali terjadi di Gang Masjid RT01/06, Kelurahan Talang Ubi Timur, Kecamatan Talang Ubi. Kali ini rumah permanen milik Yanti (43), menjadi santapan empuk sijago merah yang mengamuk.

Saat kejadian, korban Yanti sedang masak di dapur, sementara anak-anaknya sekolah, dan hanya tinggal bersama ibunya. Tiba-tiba keluar asap disusul api, sontak dirinya langsung teriak minta tolong sama warga sekitar dan menyelamatkan ibunya.
Jelas saja, api dengan cepat membakar perabotan dan plapon rumah hingga atap, hingga menjilat ruangan lain.

Sementara warga langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran Pertamina, Damkar dan BPBD Kabupaten PALI.
Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, sedikitnya enam unit mobil kebakaran dibantu tangki air dan puluhan petugas berjibaku memadamkan api.

Kurang dari satu jam api benar-benar bisa di padamkan dan disterilkan oleh petugas.
Lalu, pihak keluarga didampingi anggota Polsek Talang Ubi melakukan pencarian barang- barang berharga milik korban.

Benar saja, beberapa perhiasan emas yang terdiri dari gelang, kalung dan cincin emas berhasil ditemukan di dalam kamar.

"Saya lagi masak waktu kejadian pak, api  berasal dari kamar depan, saat melihat api langsung teriak minta tolong sama warga dan menyelamatkan ibu saya keluar rumah. Tadi sempat cari perhiasan di tempat sisa-sisa kebakaran, sementara ijazah anak, yang disimpan semunya hangus terbakar," ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Talang Ubi Kompol Okto Iwan Setiawan membenarkan, telah terjadi kebakaran, pertama di wilayah Talang Ojan, kemudian Gang Masjid. Setelah mengetahui adanya kebakaran anggota langsung ke lapangan, baik meminta keteragan saksi mata.

"Dan yang paling utama ialah menjaga situasa agar tetap aman. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, benar tadi anggota kita dilapangan sempat melakukan pengamanan saat pihak korban mencari perhiasan di puing-puing kebakaran," pungkasnya

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011