HEADLINE NEWS

Pelaku Illegal Tapping dan Puluhan Barang Bukti Berhasil Diamankan

POSMETRO, OGAN ILIR - Aksi pencurian minyak mentah dengan cara membobol pipa milik Pertamina di kawasan gudang pemecah batu Booster Pemanas Serdang Desa Paya Kabung Ogan Ilir berhasil digagalkan tim Pamwakarsa PT Pertamina Prabumulih pagi dini hari tadi, Kamis (11/07/2019).

Dalam melakukan aksinya, pelaku sengaja membobol dua pipa pengiriman minyak dari Prabumulih ke Plaju Palembang dengan cara membor pipa secara manual menggunakan tangan. Kemudian, pipa yang berhasil dibor dipasangi klam sebagai dasar penyambungan selang lalu minyak dialirkan ke Mobil Tanki yang sudah dimodifikasi.

beruntung aksi ini dapat digagalkan oleh tim Pamwakarsa PT Pertamina Prabumulih dikomandoi Bob Permana selaku Koordinator Pengamanan Jalur trunk Line PPP Pbm - Plaju. Satu pelaku atas nama Ramdon (37) warga Desa Purwosari kecamatan Lais Musi Banyuasin berhasil diamankan.

Demikian disampaikan oleh Asset 2 Sekurity Ast Manager melalui Koordinator Pengamanan PT Asset 2 Pertamina EP Prabumulih Bob Permana kepada Posmetro Sore tadi. 

"Ia benar ada tindak pidana Illegal Tapping pipa ukuran 8 dan pipa ukuran 10 di jalur trunk line dari PPP Prabumulih ke Km 3 Plaju  di Gudang Pemecah Batu dekat Booster Pemanas Serdang Desa Paya Kabung, Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir pagi dinihari tadi sekira pukul 03.00 Wib. Peristiwa ini juga sudah dilaporkan ke Pertamina selaku pemilik asset" ujar Bob Permana.

Dikatakan, informasi yang ia terima pagi dini hari tadi yang menyebut adanya dugaan aksi Illegal Tapping di jalur Trunk Line langsung terjun ke lokasi guna menindaklanjuti informasi tersebut sekaligus melakukan pengintaian dan upaya pengggagalan.

"Satu pelaku akhirnya berhasil diamankan. Kemudian melaporkannya ke pihak Kepolisian Polres Ogan Ilir. Bekerja sama dengan Satuan Reskrim Polres Ogan ilir untuk melakukan pengembangan membuahkan hasil yang cukup mengejutkan. Dari informasi yang diperoleh dari salah seorang pelaku, tim berhasil mengamankan puluhan barang bukti baik kenderaan maupun peralatan yang digunakan untuk melakukan aksi pencurian.

Barang bukti tersebut seperti sepeda motor Yamaha Mio warna merah BG 3942 TO, Suzuki Shogun hitam BG 6531 CO, Honda Beat putih BG 5256 TP.
 Selang plastik uk. 2 mm sepanjang 50 meter. Kemudian 2 buah clam pipa uk. 8" & 10"
. Lalu 1 unit Truck tanki Modifikasi merk Isuzu warna kepala putih bak merah BG 8918 TB.

Hasil pengembangan Berikutnya menurut Bob Permana, tim berhasil mengamankan 2 unit truk yang stand by di rumah makan seputaran KM 32 Indralaya Ogan Ilir.


Kemudian Sekira pukul 04.00 wib, Pelaku berikut barang bukti langsung diserahkan ke Polres Ogan Ilir guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011