HEADLINE NEWS

Sah..! 2020 Aka Migas Berdiri di Kota Prabumulih

PRABUMULIH, PP - Kedatangan Menteri ESDM RI Ignatius Jonan ke Kota Prabumulih Sabtu (30/03/2019) lalu setidaknya membawa angin segar di Kota Nanas. Selain meresmikan jaringan gas bumi untuk rumah tangga, Menteri ESDM juga mengabulkan tiga permintaan Walikota Prabumulih Ir, H. Ridho Yahya MM. Permohonan yang dikabulkan oleh Menteri Jonan iyalah, penolakan warga Kota Prabumulih tentang Pertambangan Batubara.

Permohonan tersebut dilontarkan oleh Ridho Yahya sembari mempertunjukkan sebuah tayangan Video dimana Kota Prabumulih yang memiliki luas wilayah 434,50 km² adalah daerah dengan status Pemerintahan Kota yang amat Kecil dan tidak sesuai jika kota ini di eksplorasi oleh Perusahaan Tambang Batubara. Kemudian permohonan ke dua yakni, Menteri ESDM Siap membantu mensukseskan acara Pekan Olahraga Provinsi 2019 (Porprov) dimana Kota Prabumulih selaku tuan rumah dalam pelaksanaanya.

Yang terakhir dan teristimewa tidak lain adalah Rencana pendirian lembaga pendidikan tinggi di Kota Prabumulih, apalagi kalau bukan AKA Migas. Dalam kesempatan meresmikan jaringan gas bumi rumah tangga di Desa Talang Batu Kota Prabumulih,  Menteri mengaku akan segera mewujudkan pendirian AKA Migas di Kota Prabumulih. 

Pengakuan tersebut tentu saja mendapatkan aplause meriah dari warga Kota Prabumulih yang hadir saat itu.  Tidak terkecuali Walikota Prabumulih Ridho Yahya.  Adik Kandung Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya itu mengaku siap menggelontorkan sebahagian dana APBD Kota Prabumulih untuk pembangunan kampus Aka Migas nantinya. 

"Secara pribadi maupun kelembagaan kita mengapresiasi langkah Pak Menteri yang telah menyetujui pendirian Akademi Minyak dan Gas (AKA MiGAS)  di Kota Prabumulih.  Ini tentu saja merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kinerja Pemerintah.  Dimana,  selain Kota Prabumulih yang terkenal akan Minyak dan Gas,  tentu saja Kota ini pernah memiliki sejarah mencetak SDM melalui Sekolah Ahli Minyak (SAM) puluhan Tahun silam" ujar Ridho Yahya. 

Menurut Ridho,  Kota Prabumulih dulunya pernah memiliki sekolah tinggi bernama SAM yakni Sekolah ahli Minyak. " Sebelum Aka Migas di Blok Cepu,  Prabumulih sudah lebih dulu ada SAM.  Maka dari itu,  Aka Migas sangat dan sangat layak ada di Kota Prabumulih" paparnya. 

Dikatakan,  untuk lahan pembangunan Gedung,  Pemkot Prabumulih kata Ridho Yahya telah menyiapkan lahan puluhan hektare di Tanjung Raman untuk pembangunan gedung.  "Kata Pak Menteri tadi,  Tahun 2020 Proyek tersebut akan segera dimulai.  Doakan saja,  dan kepaa seluruh element masyarakat Kota Prabumulih diharapakan dapat bekerjasama untuk mensukseskan rencana tersebut"pungkasnya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011