Iklan

SMSI Prabumulih Dianugrahi Penghargaan

09 November 2021, Selasa, November 09, 2021 WIB Last Updated 2021-11-09T02:14:20Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


POSMETRO, PRABUMULIH - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Prabumulih diganjar piagam penghargaan atas dedikasi dan komitmen yang tinggi terhadap pembinaan dan pengembangan UMKM di Kota Prabumulih. Penghargaan sendiri diserahkan langsung oleh Walikota Prabumulih Ir, H Ridho Yahya MM bertepatan di acara pembukaan "Majasari UMKM Expo 2021" Senin (08/11/2021) di lapangan Kantor Lurah Majasari Kota Prabumulih.

Dalam kesempatan tersebut Walikota mengapresiasi kolaborasi Lurah Majasari dengan SMSI Prabumulih yang mampu menyelenggarakan acara besar tanpa dana APBD untuk meningkatkan kualitas produk UMKM di Kota Prabumulih.


"Ini kolaborasi yang membanggakan dan patut dicontoh. Kepedulian Pemerintah Kelurahan dan SMSI terhadap kelangsungan UMKM Kota Prabumulih seyogyanya patut diapresiasi. Sebagaimana langkah Pemerintah daerah yang secara terus menerus berupaya meningkatkan produksi maupun pemasaran UMKM dengan melakukan agrimen atau perjanjian terhadap swalayan-swalayan agar produk UMKM Kota Peabumulih bisa diterima disana. Jika Swalayan seperti Indomaret, Alfamart dan Matahari di Kota Prabumulih tidak mampu menerima produk UMKM Prabumulih maka tidak akan diberi izin untuk berdiri di Kota Prabumulih" ujar Walikota.


Sebelumnya kata dia, Pemerintahannya di masa transisi juga telah berupaya membangun outlet oleh-oleh Kota Prabumulih agar mampu menampung produk olahan lokal. Gedung yang representatif di bilangan tugu air mancur itu dulunya cukup ramai dikunjungi oleh warga yang melintasi Kota Prabumulih untuk membeli oleh-oleh Khas Prabumulih. Namun karna situasi Politik, Pemerintahan dimasa transisi tersebut tidak berusaha mempertahankannya sehingga mati suri.


Begitu, Ridho Yahya mengaku membuat terobosan baru dengan melakukan perjanjian kerjasama dengan swalayan baik di dalam kota maupun luar kota agar produk UMKM Kota Prabumulih dapat bersaing diseluruh outlet toko nirlaba tersebut.


Dalam kesempatan tersebut, Walikota Prabumulih 2 periode itu juga tidak lupa berharap dengan gelaran Majasari UMKM Expo 2021, diharapkan mampu membangkitkan semangat para UMKM, meningkatkan pendapatan, kualitas produk serta daya beli masyarakat, dan perekonomian Prabumulih.


"Saya lihat tadi produk-produk yang ditampilkan sangat layak untuk dipamerkan ke luar daerah. Mungkin dari sini nanti ada pameran kita ikutkan ke tingkat provinsi maupun nasional," tuturnya.


Di penghujung sambutannya Ridho Yahya dengan tegas menyampaikan kepercayaannya untuk menunjuk Lurah Majasari mengetuai acara HUT kota Prabumulih tahun depan karena dinilai berhasil menyelenggarakan acara tersebut mesti tanpa dukungan anggaran dari pemerintah.


"Apalagi kalau ada anggarannya, saya yakin bisa lebih sukses lagi," tandasnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Majasari UMKM Expo 2021 sekaligus Lurah Majasari, Susi Windasari SKm, mengungkapkan, konsep yang diusung dalam gelaran Majasari UMKM Expo 2021 ini tak lain adalah edukasi.


Dimana, sambung dia, pihaknya menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten untuk berbagi ilmu meningkatkan kualitas produk sehingga mampu bertahan di tengah gempuran produk luar yang murah meriah.


"Tujuan dari Majasari UMKM Expo ini adalah produk UMKM Prabumulih dipasarkan dan dikenalkan secara global ke masyarakat. Sebagai pemerintah, kita ini marketing atau fasilitator supaya UMKM terus bergerak," imbuhnya.


Sementara dibincangi terpisah, Ketua SMSI Kota Prabumulih, Donni SH menuturkan, bahwa kegiatan pameran yang diikuti sekitar 40 an pelaku UMKM yang ada di wilayah Prabumulih bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi khususnya bagi pelaku usaha dan UMKM.


"Di samping juga memberikan informasi bagi UMKM dalam mendapatkan bantuan permodalan serta pemasaran yang lebih efisien dan mudah sehingga dapat bersaing di pasar global," terang Donni.


Ia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah kota Prabumulih, serta Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih, PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4, PTBA, dan perusahaan air minum WinRo, yang telah mendukung dan ikut menyukseskan kegiatan tersebut.


"Serta terima kasih juga kepada Kapolres Prabumulih dan Kadinkes, yang bersama melaksanakan vaksinasi bagi lansia dan masyarakat di atas 18 tahun. Kegiatan ini digelar selama 3 hari hingga Rabu (10/11) nanti. Selain memamerkan produk-produk dari peserta UMKM, juga ada Talk Show yang akan diisi oleh narasumber dari Bank Sumsel Babel Prabumulih," tutup Ketua Dewan Penasehat PWI Prabumulih ini. 


Dari pantauan, pembukaan acara yang dimeriahkan penampilan grup Robbana Nurul Islam dan musik OT Rosi ini juga dihadiri sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), para Lurah, Camat serta pimpinan UMKM, dan tamu undangan lainnya. (SMSI Prabumulih)



Komentar

Tampilkan

Terkini