Iklan

Ridho Yahya Bantu Pemasaran Petani Lokal

04 Oktober 2021, Senin, Oktober 04, 2021 WIB Last Updated 2021-11-22T08:43:00Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


POSMETRO, PRABUMULIH – Dinas Pertanian (Distan) mengelar kegiatan buah nusantara bantuan dari  Direktorat Jenderal (Dirjen) Holtikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI) di Halaman Pemerintah kota (Pemkot), Senin (4/10/2021).


Bantuan aneka jenis buah-buahan langsung diberikan Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM  dalam rangka gelar buah nusantara. Jenis buah-buahan lokal Prabumulih, seperti; melon, semangka, jeruk, salak dan nanas.


Buah lokal itu, diberikan kepada tenaga kesehatan di RSUD, puskesmas, dan panti asuhan. Penyerahan dilakukan pada apel bulanan di Halaman Pemkot. Selain bantuan aneka buah, juga dilaksanakan penyerahan simbolis berupa sarana perternakan berupa; ternak kambing, hijau pakan ternak kepada kelompok tani Desa Karya Mulya. Dan, paket pipanisasi pemompaan kepada kelompok tani Kelurahan Payuputat.


Wako, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, pemberian bantuan aneka buah memiliki dua sisi manfaat. Yaitu, membantu petani menanam produk hortikultura dan memasarkan hasilnya. Selanjutnya, buah tersebut diberikan kepada nakes dan masyarakat guna meningkatkan imunitas tubuh.


“Mari semuanya tetap jaga kesehatan. Caranya, mengkonsumsi makanan beragam, bergizi seimbang, dan aman,” ujar ayah tiga anak ini.


Ayah dr Muwarni Emassrisa Latifah ini menyebutkan, buah-buahan dan sayuran adalah sumber vitamin dan mineral baik untuk kesehatan.


“Mari bantu petani, beli produk pertanian lokal baik buah-buahan maupun sayuran pasti kualitasnya tidak kalah produk impor,” terang orang nomor satu di Kota Nanas ini, kemarin.


Kepada kelompok tani penerima bantuan, suami Ir Hj Suryanti berpesan, untuk menjaga dan memelihara bantuan ternak diberikan. Sehingga, kelak dapat berkembang biak dan menambah penghasilan.


“Beternak memanfaatkan waktu luang, setelah melakukan pencaharian pokok. Apalagi, sudah tersedia sumber pakan tambahan dari hijau pakan ternak. Begitu juga, kelompok tani penerima bantuan pompa agar bisa dimanfaatkan sebaiknya,” tukas Politisi Golkar ini.


Kadistan, Ir H Pribadi Roso Sarosa didampingi Kabid TPH Sumijan SP dan Kabid Perterbakan Iswan Hadi SP menjelaskan, bantuan paket buah sebanyak 110 paket. Terdiri dari puskesmas dan panti asuhan masing-masing 7 paket, dan 12 paket untuk RSUD.


“Ini bentuk kepedulian Kemenkes, guna meningkatkan imunitas para nakes sebagai garda terdepan penanganan Covid-19,” ucapnya.


Lanjut Pribadi, juga diberikan bantuan kepada kelompok tani dalam pengembangan usahanya, guna bertahan dan berkembang di situasi sulit di tengah pandemi. “Bantuannya berupa; pipanisasi dan pemompaan peternakan, bantuan ternak kambing, dan pakan ternak seluas 2 Ha. Bantuan dari DKPP Provinsi,” bebernya.

Komentar

Tampilkan

Terkini