News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Walikota Prabumulih Hadiri RUPS Bank Sumsel Babel Tahun Buku 2020

Walikota Prabumulih Hadiri RUPS Bank Sumsel Babel Tahun Buku 2020


POSMETRO, JAKARTA - Walikota Prabumulih Ir, H. Ridho Yahya hadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel) tahun buku 2020 di Hotel Fairmont Jakarta, Senin (22/03/2021). Dalam RUPS ini diumumkan bahwa Bank Sumsel Babel (BSB) berhasil membukukan laba sebesar Rp. 551,6 milyar.Bank Sumsel Babel (BSB) mencatatkan kinerja moncer pada 2020 lalu meski masa pandemi. 


Berdasarkanlaporan RUPS yang di hadiri seluruh Pemegang Saham Bank Sumsel Babel tahun buku 2020, bank plat merah tersebut mencatatkan dividen Rp.212 Miliar YoY (year on year ) tumbuh 16,72% dari tahun buku 2019 Rp181.5 Miliar.  


Demikian disampaikan Direktur Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin usai RUPS. Menurutnya, Laba Tahun 2020 Rp552 Miliar YoY tumbuh 12,78% dibanding Tahun 2019 sebesar Rp.489 miliar. “Capaian ini, tentu tidak tidak terlepas dari kinerja para pengurus, Komisaris dan insan BSB. Saya pikir Ini luar biasa ditengah pandemi menghasilkan kinerja yang baik dengan capai baik. Meski saya akui masih ada Challage dan pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Untuk Laba bersih setelah pajak tahun 2020, Bank Sumsel Babel mengalami peningkatan yang cukup baik yakni sebesar 423,6miliar YoY atau tumbuh 16,72% dibandingkan tahun buku 2019 Rp362.9 Miliar"


Menurutnya, Peningkatan Laba ditopang oleh kenaikan pendapatan bunga 0,27% dan penurunan beban bunga sebesar 6,12% dibanding tahun 2019. Untuk kinerja selama tahun 2020, Bank Sumsel Babel juga mengalami peningkatan atau pertumbuhan yang cukup baik dibeberapa sektor seperti bidang aset, kredit dan dana pihak ketiga (DPK)



Dengan jumlah total pegawai mencapai 3279 orang, Bank Sumsel Babel sampai dengan penghujung tahun 2020 telah memiliki sebanyak 774 jaringan outlet yang tersebar di Provinsi Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung dan DKI Jakarta yang terdiri dari kantor pusat, kantor fungsional, 29 unit Kantor Cabang, 55 unit Kantor Cabang Pembantu, 144 unit Kantor Kas, 61 unit Kantor Payment Point, 466 unit ATM dan 18 unit CDM.  Kedepan, kata dia, pihaknya akan mengembangkan lagi bisnis. 


Salah satunya pembentukan wacana kelompok usaha bank terkait konsolidasi bank umum. Secara prinsip sudah disetujui BSB investasi diBank Lampung sebesar Rp 150 miliar. “Ini sebuah langkah besar bagi kita untuk mencapai mimpi-mimpi yang akan datang.  Untuk itu, akan kita buat satu strategi yang akan di lakukan sebab kita juga punya potensi dengan pengembangan bisnis. Apalagi kedua daerah ada kaitan bisnis dan juga ada kaitan history . Jadi saya pikir tadi yang sudah cukup baik,” tukasnya.



Sementara itu Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, sebagai pemegang saham pengendali didampingi Komisaris Utama PT. Bank Sumsel Babel, Eddy Junaidi AR., pada akhir acara RUPS menyampaikan beberapa hal yang telah disepakati yakni guna meningkatkan ekspansi, Bank Sumsel Babel akan melakukan penyertaan modal dengan PT. Bank Lampung dan juga ada penambahan jabatan Komisaris Non-Independen yang secara khusus akan diisi oleh perwakilan dari provinsi ataupun kabupaten/kota Bangka Belitung.


Ditempat terpisah, Walikota Prabumulih Ir, H Ridho Yahya MM menyampaikan ucapan terima kasih dan memberi apresiasi atas kinerja maksimal Bank Sumsel Babel yang telah melampaui target laba di tahun 2020 yang lalu. Ridho Yahya berharap kedepan Bank Sumsel Babel mampu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumsel dalam program Pembangunan, Ekonomi, Sosial dan Pendidikan.


Ridho Yahya bahkan mengaku kedepan Pemerintah Kota Prabumulih berencana menambah jumlah kepemilikan saham secara bertahap hingga tahun anggaran 2022 mendatang. 

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011