News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Prabumulih Siap Cetak SDM Handal Hadapi Pasar Bebas

Prabumulih Siap Cetak SDM Handal Hadapi Pasar Bebas


PRABUMULIH, POSMETRO - Pemerintah Kota Prabumulih dalam waktu dekat siap mencetak SDM handal yang siap pakai. Hal tersebut dipastikan dengan adanya dukungan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI dalam pembangunan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Balai Latihan Kerja (PBLK) di Kota Prabumulih. 

Demikian diungkapkan Menaker RI Dr Hj Ida Fauziyah, melalui Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas (Lattas) Kemenaker RI, Budi Hartawan, saat Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Prabumulih, Sabtu (27/02/2021).

Budi Hartawan mengatakan, Presiden Jokowi telah memerintahkan pihaknya untuk membangun Balai Latihan Kerja di 5 Provinsi. “Setelah dilakukan verifikasi, BLK juga akan dibangun di Kota Prabumulih,” ungkapnya.


Dikatakan, kehadirannya dengan turun langsung ke Kota Prabumulih untuk meninjau kesiapan apakah Prabumulih bisa dibangun atau tidak. Termasuk kesiapan perizinan, lahan, akses jalan dan lainnya. “ Usai peninjauan lokasi dilapangan, ternyata sangat baik dan diputuskan Prabumulih segera dibangun BLK,” ucapnya.

Menurutnya, Kota Prabumulih cukup layak dibangun BLK karena memiliki letak lokasi strategis dan akses mudah. “Akses ke Palembang mudah dicapai, begitupun ke Kabupaten/kota lain. Situasi kamtibmas di Prabumulih sejauh ini dan hasil pantauan di lapangan sangat baik, aman dan terkendali, sehingga untuk belajar sangat layak,” tuturnya.

Data yang dapat dihimpun Posmetro, lahan yang disiapkan Pemkot Prabumulih untuk kepentingan proyek ini berkisar 6 hektare dan akan ditambah untuk pengembangan pelatihan di bidang pertanian. Menurut Dirjen, lahan ini juga dinilai masih kurang. “Pembangunan BLK membutuhkan lahan yang cukup luas, paling tidak sekitar 10 hektare lagi, sehingga nanti untuk lahan pertanian bisa dilakukan ujicoba semisal pertanian apa yang lebih cocok dikembangkan di Kota Prabumulih,” paparnya.

Untuk diketahui, proyek pembangunan BLK akan dilakukan secara bertahap. Dimana pembangunan sesuai kejuruan dipilih berdasarkan Sumber Daya Manusia dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri di Prabumulih dan Sumsel.

Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH menuturkan, Pemkot Prabumulih siap memenuhi kebutuhan lahan diperlukan untuk mewujudkan pembangunan pusat BLK di Kota Seinggok-Sepemunyian.

“Lahan yang ada 6,8 Hektare dan kita akan menyiapkan lahan dibutuhkan seluas 10 Ha lagi, karena ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Prabumulih dan masyarakat Sumsel umumnya” ujarnya.

Dikatakan, pembangunan UPT-BLK ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja handal dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). " Pemerintah berharap dengan adanya UPT-BLK pemuda-pemuda di Kota Prabumulih mampu bersaing baik dalam menciptakan peluang kerja maupun usaha sendiri," ungkapnya.

Menurut mantan Ketua DPRD Kota Prabumulih ini, dengan semakin terampilnya warga, bisa mengurangi jumlah pengangguran. Bahkan mereka bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri."Insya Allah apa yang dimintakan oleh Kementerian kita akan persiapkan, termasuk pengadaan lahan" pungkasnya.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.