News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkot Prabumulih 2021 Kembali Wacanakan Rehab Puluhan Rumah Ibadah

Pemkot Prabumulih 2021 Kembali Wacanakan Rehab Puluhan Rumah Ibadah


POSMETRO, PRABUMULIH - Semenjak 2008, Pemkot Prabumulih telah melarang warga meminta uang di pinggir jalanan untuk membangun rumah ibadah. Pembangunan rumah ibadah telah diambil alih langsung Pemkot Prabumulih, bukan hibah. Tetapi, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangun rumah ibadah tersebut. Hingga 2020 lalu, sudah direhab sekitar 308 rumah ibadah.


Tahun ini, data dihimpun awak media ada 58 rumah ibadah direhab dan menara masjid dibangun Pemkot Prabumulih melalui Dinas PUPR.

Hal itu ditegaskan Walikota (Wako) Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM kepada awak media ketika dikonfirmasi, akhir minggu ini. “Tahun ini, ada 58 rumah ibadah kita rehab. Dan, 15 menara masjid pakai APBD melalui Dinas PUPR,” ujar Ridho, sapaan akrabnya sambil menyebutkan, meliputi 47 masjid direhab, 9 menara masjid dibangun, 1 gereja dan 1 pure.


Sambung suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini, rehab masjid dan pembangunan menara dilakukan di 6 kecamatan di Kota Nanas ini. “Sejumlah usulan masuk, rehab masjid dan pembangunan menara. Kita realisasi rehab dan pembangunannya, apalagi sudah dianggarkan lewat APBD,” ucap ayah tiga anak ini.


Kepala Dinas (Kadis) PUPR, H Beni Akbar ST MM dibincangi awak media juga tak menampik hal itu. “Betul, ada 58 rumah ibadah dan menara masjid dibangun dan direhab memakai APBD tahun ini,” jelas Beni.


Perehaban rumah ibadah, dan pembangunan menara masjid sekarang ini masih dalam proses. “Dana perehaban dan pembangunan mulai dari Rp 150 jutaan hingga Rp 400 juta. Kalau dibawah Rp 200 juta, jelas penunjukan langsung (PL). Kalau diatas Rp 200 juta, dilakukan pelelangan,” bebernya.


Proses pelelangan sendiri sebutnya, tengah dilakukan di Unit Layanan Pengadaan (ULP). “Setelah proses pelelangan, baru lah bisa dikerjakan. Kalau PL, bisa langsung dikerjakan,” pungkasnya. 

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011