News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gapensi Prabumulih Desak Pusat Ciptakan Formula Selamatkan Iklim Ekonomi

Gapensi Prabumulih Desak Pusat Ciptakan Formula Selamatkan Iklim Ekonomi


POSMETRO, PRABUMULIH - Badan Pengurus Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Prabumulih mendesak Pemerintah Pusat menciptakan formula baru untuk menyelamatkan iklim ekonomi nasional di bidang konstruksi.

Hal ini diungkapkan Gapensi mengingat beberapa anggaran proyek strategis nasional dan daerah mengalami realokasi/ refocusing anggaran ke penanganan covid 19. Dengan demikian, Puluhan badan usaha jasa konsultan konstruksi di Kota Prabumulih terancam gulung tikar alias bangkrut.

"Dampak pandemi begitu dirasakan kalangan pengusaha, khususnya yang bergerak di bidang konstruksi. Kebijakan refocusing anggaran membuat rekanan kontraktor yang tergabung pada Gapensi bakal terancam bangkrut" ujar Ketua BPC Gapensi Kota Prabumulih Suherli Berlian, SE, Selasa (09/03/2021)

Dikatakan, akibat kebijakan tersebut para pengusaha di Prabumulih mengalami penurunan pendapatan yang cukup signifikan selama pandemi. Bahkan pengusaha yang bekerja sama dengan pemerintah dalam proyek pembangunan kata dia pun merasakan penurunan pendapatan sebesar 50-60 persen.

Belum adanya kepastian wabah virus Corona kapan berakhir mengakibatkan perusahaan jasa konstruksi semakin terpuruk. Apalagi dikabarkan pada 2022 mendatang Kota Prabumulih menyetop anggaran proyek. 

"Langkah refocusing anggaran proyek pembangunan dialihkan untuk penanganan Covid-19 jelas berdampak signifikan terhadap pelaku usaha jasa kontruksi. Oleh karenanya, pemulihan kesehatan dan ekonomi setidaknya berjalan beriringan demi menyelamatkan iklim ekonomi secara Nasional" ujar Pria yang biasa disapa Chalik itu.

Dampak lainnya menurut Chalik adalah, jumlah pengangguran yang bakal membludak disebabkan sejumlah kegiatan pembangunan yang dipangkas habis, kemudian pajak perusahaan yang terancam macet, dan ekonomi pengusaha penyedia bahan bangunan yang tidak berjalan baik.

"Kita berharap Pemerintah Pusat dalam penyelamatan ekonomi dan kesehatan bisa berjalan secara beriringan dengan  membuat sebuah formula tanpa mengorbankan yang lainnya atau melakukan program rescue untuk penyelamatan iklim ekonomi di bidang konstruksi" tegas Chalik.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011