News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sepanjang Jalinsum Kecamatan Babat Supat dan Sungai Lilin PJU Tak Menyala

Sepanjang Jalinsum Kecamatan Babat Supat dan Sungai Lilin PJU Tak Menyala


POSMETRO, MUBA - Ratusan Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Jalan Lintas Sumatera, mulai kecamatan Babat Supat Sampai,  kecamatan Sungai Lilin, kabupaten Muba, Sumatera Selatan tak menyala atau mati .


Berdasarkan Pantauan wartawan media ini dilapangan Mulai perbatasan Muba- Banyuasin dari Desa gajah mati, Desa Tanjung kerang , Desa Babat Supat, desa Letang, Desa Suka maju, kecamatan Babat Supat dan desa Pinang Banjar kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, kondisi Penerangan Lampu Jalan di lintas Sumatera, tak menyala (Mati) ada beberapa titik yang menyala. Ada juga beberapa titik menggunakan PJU tenaga surya yang baru terpasang sekitar akhir tahun 2020, itupun ada yang tidak menyala.


Dari tidak menyalanya ratusan PJU itu membuat kondisi jalinsum mulai desa gajah mati - desa Tanjung kerang belum adanya PJU, desa Babat supat, desa Letang, dan desa Suka maju kecamatan Babat Supat sudah ada PJU ada beberapa titik bisa dihitung dengan jari menyala sisa dalam kondisi tidak menyala atau mati. Sama juga di desa pinang banjar kecamatan Sungai Lilin sudah ada PJU yang menyala.juga hanya beberapa titik saja. Sehingga dulunya jalur jalan lintas Sumatera terang kalau melintas sekarang menjadi gelap gulita saat malam. Seperti di jalan desa Tanjung kerang , F sepanjang jalan desa Letang Kondisi ini sangat membahayakan pengguna jalan. Rawan terjadi kecelakaan lalu lintas karena kurangnya penerangan serta rawan kriminalitas.


Jaya ( 35) warga rimba rakit dusun rimba rakit desa Pinang Banjar mengatakan bahwa lampu PJU dihalaman rumah dulu hidup tapi sudah lama tak menyala atau mati bertahun,kalau lihat lampunya masih bagus apa bola lampunya yang putus. Tidak ada perbaokan.


Lain hal dengan Ufrady, S.Psi kepala desa Letang mengatakan setelah didata oleh perangkat desa, total PJU yang rusak di jalan sepanjang Desa Letang mulai perbatasan desa 108 sampai desa Suka maju lebih kurang sekitar 80 titik yang tak menyala atau mati, bahkan sudah ada juga yang hilang lampu tinggal tiang saja.


warganya mengeluh setiap bulan bayar Rekening Listrik ( PLN) , kita di kenakan pajak penerangan lampu jalan( PPJU), tapi lampu jalan tidak menyala.bertahun- tahun .


" Ya saat malam hari kondis jalan di sepanjang jalan lintas sumatera PJU tidak menyala Desa Letang ini cukup rawan kriminal karena gelap dan juga sepanjang jalan lintas banyak warung remang-remang menyediakan perempuan sek komersil(PSK) berkedok kafe. selain itu kondisi jalan bertanjakan yang sering terjadi kecelakaan, tapi ada 10 titik PJU tenaga surya beberapa bulan ini bantuan DPR Pusat, Alex Noerdin ada beberapa titik yang agak rawan dan tempat ibadah dipinggir jalan lintas sumatera terpasang," katanya,  Senin (5/2/2021).


Pihak Desa mengaku telah melaporkan tidak berfungsinya PJU tersebut kepada Dinas PU PR Kabupaten Muba Namun sampai saat ini belum ada tindakan perbaikan yang tidak menyala atau mati.


"Kami ini aparatur desa perpanjangan tangan pemerintah lapisan paling bawah, malu juga rasanya kalau sering komen di media dan medsos, harusnya dinas terkait bisa meninjau langsung kelapangan apa yang jadi keluhan masyarakat. Karena itu kami terus meningkatkan Siskamling, terutama di sekitaran jalan lintas sumatera . Selain rawan kriminal. karena gelap, juga dikhawatirkan adanya kecelakaan, sehingga warga bisa segera melakukan tindakan menolong," cetusnya.


Terpisah kepala desa Suka maju, Ayatullah Komayni, A.md saat disambangi dikantornya mengatakan alhamdulillah sudah menyala 18 titik lampu jalan, dari 61 titik PJU diwilayah desa suka maju. Walau belum semuanya menyala karena terkendala teknis, kami berharap beberapa hari kedepan kendala teknis tersebut segera tuntas, sehingga menyala semua. 

" kami mengucapkan terima kasih kepada pemkab Muba yang bergerak cepat. Melalui dinas PU. PR Muba merespon keluhan masyarakat, Yakin Muba Pasti bisa, " ungkapnya.


Sementara itu Dinas PU PR Herman Mayori T MT melalui Kabid PJU Bram Rizal, ST MSi saat dikonfirmasi melaui handpon WhatsApp mengatakan bahwa PJU yang tidak menyala. Itu masih lampu yang lama semua, yang harus di ganti, kalau petugas lapangan kita sudah turun mengecek kelapangan mana- mana lampu PJU yang tidak menyala dan Rusak kita perbaiki.


" yang rusak akan kita ganti, mana yang tidak menyala, namun saat ini masih terkendala teknis belum bisa melakukan pembelian E-purchasing dikarenakan LKPP masih tutup, belum membuka layanan pembelian e-catalog, " jelas Bram.


Kalau dalam hal jaringan insya Allah kendalanya sudah kita atasi dan persiapkan dengan sebaiknya sehingga penerangan Lampu jalan diwilayah Muba bisa dinikmati oleh masyarakat, imbuhnya.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.