Header Ads

Sekda Muba Buka Musrenbangcam TA 2021 di Lalan


POSMETRO, LALAN,- Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Tahun 2021. Sekda juga melakukan Rapat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kecamatan Lalan, di Balai Desa Bandar Agung Kecamatan Lalan, Senin (8/2/2021).


Apriyadi mengatakan Musrenbangcam adalah forum musyawarah para pemangku kepentingan atau stakeholder kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan dari desa/kelurahan serta menyepakati kegiatan lintas desa atau kelurahan di kecamatan. Musrenbangcam sebagai dasar penyusunan rencana kerja perangkat daerah kabupaten untuk tahun berikutnya.


"Kami meminta agar lebih intensif dalam berkoordinasi membangun perencanaan secara lebih baik dan saling bersinergi, saling berkaitan, memiliki daya ungkit, serta memiliki indikator yang jelas dan terukur, demi terwujudnya peningkatan pembangunan yang maksimal khususnya di kecamatan lalan," ujarnya.


Lanjut Sekda, pada tahun sebelumnya Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex telah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur di Kecamatan Lalan sebagai daerah perairan dan kecamatan terjauh dari pusat kabupaten. Bangunan itu antara lain jembatan, akses jalan dan penuntasan jaringan listrik bekerjasama dengan PLN.


Terkait Program TMMD Apriyadi menyebut sasaran program ditujukan untuk membangun dan menumbuhkembangkan kesadaran dan semangat masyarakat dalam membangun wilayahnya.


"Melalui TNI Manunggal Membangun Desa ini diharapkan akan tercapai sasaran fisik dengan meningkatnya roda perekonomian daerah. Daerah terbuka, isolasi antar desa tak ada lagi. Sedangkan untuk non fisik diarahkan dapat mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerah," imbuhnya.


Apriyadi melanjutkan, untuk prioritas tahun 2022 adalah perbaikan tata kelola air saluran yang berkaitan dengan peningkatan produksi pertanian di Kecamatan Lalan. 


"Serta akan ada jalan poros utama di Kecamatan Lalan yang akan diawali dengan program TMMD serta karya bakti TNI tahun 2021 dan 2022," terangnya. 


Dalam kesempatan yang sama Kepala Bappeda Muba Drs Iskandar Syahrianto menuturkan pelaksanaan Musrenbangcam adalah tahapan penting dalam penyusunan RKPD Kabupaten Muba tahun 2021, yang bertujuan membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan. Kemudian membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.


"Dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah kabupaten/kota," tutur Iskandar.


Iskandar memaparkan kegiatan konstruksi di Kecamatan Lalan pada tahun anggaran 2021 ada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba. Cakupannya rehabilitasi sedang/berat ruang kelas SDN Mandala Sari, dan SMPN 1 Lalan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba.


Pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman diantaranya Peningkatan jalan Rt. 12 Dusun 5 Desa Mulya Agung dengan cor beton, peningkatan jalan Dusun IV Desa Tri Mulya dengan cor beton, pembangunan jalan setapak di lorong Pondok Pesantren Roudhatul Munta'alimin Desa Bandar Agung, jalan setapak di Rt. 9 dan Rt. 16 Desa Mulya Jaya, jalan setapak Dusun 2 Rt. 029 Desa Sri Gading, jalan setapak Rt. 006 Rw. 002 Desa Bandar Agung, dan pembangunan jalan setapak Dusun 4 Rt. 010 Desa Mulya Agung.


"Selain itu ada pembangunan Stadion Mini Sepak Bola Kecamatan Lalan yang ada dalam kegiatan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba. Secara keseluruhan kegiatan konstruksi termasuk jalan di Kecamatan Lalan dianggarkan senilai Rp. 44.781.168.000," paparnya


Kepala Dinas PUPR Muba H Herman Mayori ST MT menambahkan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Lalan diantaranya Peningkatan Ruas Jalan dari Desa Sukajadi - Kantor Camat Kecamatan Lalan, pembangunan Jalan Dari Desa Suka Makmur - Bumi Agung - Agung Jaya - Mandala Sari - Sri Gading - Bandar Agung - Sukajadi - Mulya Jaya - Sri Karang Rejo - Tri Mulya Agung - Mulya Agung - Perumpung Raya - Karang Rejo tergabung dalam Program TMMD TA 2021, dan peningkatan Jalan dari Desa Sari Agung RT 01 Ujung menuju Desa Suka Jadi RT 18 dengan beton pada kegiatan di Dinas PU PR.


" Program TMMD di Kecamatan Lalan berdasarkan laporan dari Dandim 0401 Muba total anggaran sebesar 15 Miliar. Diperuntukkan pembangunan jalan sepanjang 27,9 km, Pembangunan 2 Jembatan Komposit dan 4 Box Culvert" tambahnya.


Rill

Tidak ada komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

Diberdayakan oleh Blogger.