Header Ads

Pembangunan Gerbang Batas Pali Beraroma Korupsi


POSMETRO, PALI - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten PALI, telah menganggarkan pembangunan Gapura perbatasan PALI-Muara Enim, di Desa Talang Bulang sedikitnya 2 Miliar.



Berdasarkan informasi yang dapat dihimpun Posmetro, Pengerjaan tender proyek itu dilaksanakan oleh CV Apas Sejahtera dengan judul Pembangunan Gerbang Batas Kabupaten PALI, nomor 028/222/SPK/Pr-AH/DPKP/VII/2020 nilai Rp. 1.935.455.784 waktu pelaksanaan 120 hari. Terpantau oleh media ini hingga akhir Desember 2020 pengerjaan tersebut tak kunjung selesai hingga 2021.


Gapura yang hampir menelan dana 2 Miliar itu terkesan mangkrak hingga pergantian tahun 2021, dengan menyisakan bangunan dua tiang besar di sisi jalan.



Hal tersebut diungkapkan salah satu warga setempat (HR), gerbang perbatasan atau gapura merupakan ikon suatu daerah, jika dana pembangunan tersebut disunat atau dikorupsi bagaimana daerah kita mau bagus, ini sunggu keterlaluan, cetusnya. Rabu (6/1/2021).


"Dengan anggaran begitu besar kok bisa seperti ini terkesan mangkrak dan hanya membangun dua tiang saja, itupun belum selesai", ujarnya.


Proses pembuatan tiang besar kotak persegi ini tidak sepenuhnya di cor beton, kata HR. "Cor beton hanya bagian atas dan bagian keempat sisi tiang untuk penyangga, sedangkan bagian bawa hanya didinding menggunakan batu-bata agar terlihat full cor beton dari atas ke bawah, padahal bagian tengah tiang kosong tidak di cor sama sekali ataupun diisi tanah", ungkap HR.


Tak tanggung-tanggung pekerja CV Apas Sejahtera di Talang Bulang itu mendatangkan tenaga profesional dari luar daerah, seperti yang center diberitakan di media massa berapa waktu lalu.


"Kontraktor tersebut tidak profesional dan fungsi pengawasan pihak dinas terkaitpun dipertanyakan, kenapa bangunan tersebut belum selesai sampai saat ini", tutupnya.


Padahal Plt Kepala Dinas Perkim PALI, Dayat ST mengatakan, pembangunan tersebut bersumber APBD Tahun 2020 dianggarkan berkisar dua miliar, diperuntukan pembangunan Gerbang dan Taman Area yang akan diselesaikan akhir Desember 2020, terang Dayat Oktober lalu dibeberapa media. (Irzan)


Tidak ada komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

Diberdayakan oleh Blogger.