News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hasil Quick count Pilkada Pali HERO Unggul 51.34%

Hasil Quick count Pilkada Pali HERO Unggul 51.34%


POSMETRO, PALI - Dari hasil quick count yang digelar oleh IPO Institute terhadap Pilkada PALI, Pasangan Calon (Paslon) nomor 2 H. Heri Amalindo-Soemarjono (HERO), didapati hasil untuk kemenangan Paslon HERO dengan persentase 51,34 %, sementara paslon nomor urut 01 Devi Harianto - Darmadi Suhaimi (DH-DS) meraih hasil 48,66%.


Direktur IPO Institute Ahmad Muhaimin, melalui koordinator Quick Count wilayah kabupaten PALI, Riski menjabarkan bahwa quick count berdasarkan sampling TPS sebanyak 100 TPS dari 408 TPS yang ada di kabupaten PALI. 


"Penentuan TPS berdasarkan Random Sample dengan menentukan jumlah DPT dari TPS, baik itu jumlah paling banyak, maupun jumlah sedikit. Dari hasil suara, paslon HERO meraih suara 13.823 sementara paslon nomor urut 01 sebanyak 12.539," jelas Riski. 


Untuk tingkat kepercayaan, IPO Institute dijelaskan Riski sebesar 99%. Sementara untuk margin eror, sebesar 0,7%. "Dari selisih yang didapat, antara paslon 02 unggul 1,5% dari paslon 01. Bisa dipastikan bahwa paslon 02 menang pada Pilkada PALI, 9 Desember 2020," tutupnya. 


Sementara itu, H. Heri Amalindo calon bupati PALI petahana meminta kepada semua tim pemenangan untuk tetap tenang, dan menjaga suara di setiap tingkatan, mulai dari PPS, PPK, hingga tingkat kabupaten. 


"Karena hasil resmi nanti berdasarkan pleno KPU, untuk itu kepada seluruh tim pemenangan agar tidak usah ribut-ribut, tunggu hasil resmi dari KPU Kabupaten PALI. Namun, kami mengingatkan kepada semua pihak, tim pemenangan, masyarakat PALI untuk bersama-sama menjaga suara yang sudah kita menangkan," tukasnya. 


Ia juga mengatakan bahwa kemenangan yang diraih merupakan kemenangan masyarakat kabupaten PALI. Untuk itu, suami dari Anggota DPR RI, Hj. Sri. Kustina juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dalam memenangkan Pilkada PALI. "Kemenangan ini kemenangan masyarakat kabupaten PALI," tutupnya. 


Tempat terpisah, perhitungan cepat atau Real Count yang dilakukan PDI Perjuangan, paslon no urut 02, Heri Amalindo - Soemarjono (HERO) berhasil unggul 52 persen dari paslon 01 Devi Harianto - Darmadi Suhaimi (DHDS) meraih 48%.

    Dimana data yang masuk baru 80 persen yakni dari 408 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah masuk sebanyak 322 TPS.

   Kepala Bidang Organisasi dan Keangotaan DPD PDI Perjuangan Sumsel, Hagmar Bandamana SH didampingi Wakil Ketua Bidang Informasi Komunikasi, Tun Teja mengatakan, perolehan suara yang masuk sudah mencapai 80 persen dan pihaknya optimis bakal naik lagi.

   "Kita optimis kalau perolehan bakal naik lagi, karena suara yang belum masuk sebagian besar berada di basis-basis kita terutama di Kecamatan Talang Ubi," tegas Hakmar.

    Menurutnya, hasil penghitungan  cepat perolehan suara yang dilakukan pihaknya sulit untuk bergeser turun, karena persentase yang sudah maauk sudah mencapai 80 persen.

   "Sulit untuk begerak turun karena suara yang belum masuk merupakan basis-basis paslon 02," terangnya.

  Hagmar menjelaskan, sistem atau pola penghitungan cepat yang dilakukannya melalui media elektronik. Dimana saksi disetiap TPS mengirimkan data melalui Whatsapp yakni form C1 difoto dan dikirim ke pihaknya.

    "Polanya mendapatkan data dari saksi-saksi di TPS masing-masing melalui foto C1 lalu dikirim ke kita. Dan itu valid," tegasnya.

     Sementara salah seorang tim pemenangan paslon 01 DHDS, Mairil Aprianto mengatakan, berdasarkan hasil penghitungan yang dilakukan pihaknya paslon 01 DHDS memperoleh kemenangan dari paslon 02 HERO.

    "Kalau dari penghitungan yang kami lakukan, paslon 01 DHDS saat ini memimpin dengan selisih 2 persen. Penghitungan itu sudah masuk hampir 80 persen. Yang belum masuk ada beberapa tempat seperti Semangus, Sukadamai dan ada beberapa daerah lainnya," terangnya.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.