-->

Iklan

Mengenal Lebih Dekat Kapolres Prabumulih AKBP Siswandi SIK

02/11/20, 21:52 WIB Last Updated 2020-11-02T16:11:26Z
masukkan script iklan disini


POSMETRO, PRABUMULIH - AKBP Siswandi, SIK, begitu nama yang terpampang di papan nama dada sebelah kanan pakaian dinas lapangan (PDL) yang dikenakan Sosok orang nomor satu di Polres Prabumulih itu. Dibagian kerahnya terlihat kontras logo pangkat dua melati dalam kotak ber les merah. Ciri pangkat dalam balutan les merah menandakan ia merupakan pimpinan di tiap satuan. Tak lupa tongkat komando sebagai penanda dan bukti selain pimpinan ia juga merupakan komandan tertinggi di instansi terswbut. Tongkat iti selalu mendampingi tiap gerak lengannya saat menjalankan tugas. 


Iya, dia adalah Kapolres Baru yang menggantikan Kapolres Prabumulih yang lama AKBP. I Wayan Sudarmaya SIK.  Meski belum genap sebulan menjabat sebagai Kapolres Prabumulih, namun Sosok AKBP Siswandi belakangan banyak menyita perhatian masyarakat Kota Prabumulih. 


Tak lama setelah ditetapkan sebagai Kapolres Definitif Prabumulih melalui surat telegram Kapolri Nomor : ST/2935/X/KEP/2020 Tanggal 13 Oktober 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan baru di lingkungan Polda Sumsel, AKBP Siswandi langsung turun gunung menggelar silaturahmi dengan Tokoh-tokoh Agama dan Tokoh masyarakat Kota Prabumulih.



Dengan demikian, Pimpinan baru Mapolres Prabumulih kini dikenal sebagai Kapolres yang terbuka. Saat baru menjabat sebagai Kapolres Prabumulih, mantan Kasat Res Narkoba Polrestabes Palembang ini langsung jemput bola, meminta masukan serta mendengar keluhan warga terkait permasalahan hukum, sosial dan kamtibmas dari tokoh-tokoh di Kota Prabumulih. Hal itu ia lakukan secara langsung juga saat menggelar bhakti Sosial seperti siang tadi di desa Pangkul Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, Senin (02/11/2020).


Meski di waktu yang serba terbatas ia selalu menyempatkan waktu berbincang-bincang dengan Warga terlebih masyarakat selaku target bhakti sosialnya hari ini. Tak canggung, di hadapan sosok lansia, Kapolres terlihat begitu dekat. Ia berupaya memastikan lansia yang ditemuinya tersebut sehat dan tidak lupa menghimbau agar senantiasa menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup 3 M dalam kehidupan sehari-hari. 


Dalam kesempatan tersebut, Sosok AKBP Siswandi juga turut berbagi rezeki dengan warga sekaligus meninjau penerapan protokol kesehatan yang dimulainya dari ujung kawasan terpencil di Kota Prabumulih. Terpantau, dalam baksos kali ini, Kapolres Baru Prabumulih itu juga dengan sukarela membagikan nomor ponsel pribadinya kepada warga sebagai langkah awal rencana menampung pengaduan masyarakat. Sejak itu pula nama Kapolres Prabumulih yang baru mulai dikenal dikalangan masyarakat bawah.


Pantauan Posmetro di lapangan, dalam kegiatan bhakti sosial, Kapolres Prabumulih turut membagikan masker kepada warga dan 25 paket sembako yang disalurkan secara langsung kepada warga yang sangat membutuhkan seperti Lansia dan masyarakat tidak mampu. "Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polres Prabumulih dan Satlantas Polres Prabumulih kepada masyarakat yang tidak mampu"ujarnya, didampingi Wakapolres Prabumulih.



Di tengah situasi ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19, lanjutnya, Polres Prabumulih menggelar baksos sekaligus mensosialisasikan Operasi Zebra Musi 2020 kepada masyarakat. Fokus operasi zebra tahun ini kata Kapolres adalah keselamatan berlalu lintas dan pencegahan penyebaran Covid-19. "Fokusnya pada keselamatan berlalulintas dan pemutusan matarantai Covid-19. Penindakan mungkin tidak ada keculai saat operasi ditemukan hal-hal yang melanggar hukum seperti membawa narkoba, Sajam, dan tidak menggunakan helm" pungkasnya.


Seusai Menggelar Bhakti Sosial, Kapolres NRP 1978 juga bertandang ke Parlemen DPRD Kota Prabumulih. Siang tadi ia dan beberapa pejabat utama Polres Prabumulih mengunjungi Gedung Wakil Rakat Kota Prabumulih itu untuk bersilaturahmi, memperkenalkan diri sekaligus berharap kerjasama DPRD terkait peningkatan Kamtibmas di Kota Prabumulih.


Rombongan Kapolres diterima langsung oleh Pimpinan DPRD Kota Prabumulih Sutarno SE (Ketua), Wakil Ketua DPRD Ahmad Palo dan Ir, Dipe Anom. 


Dalam perbincangan hangat tersebut Kapolres juga mengucapkan rasa terimakasih atas sambutan hangat masyarakat terhadap kehadiran dirinya sebagai pejabat baru di Polres Prabumulih sekaligus meminta kerjasama seluruh anggota DPRD Kota Prabumulih mendukung kinerja Kepolisian mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di Kota Prabumulih.




Kendati masih berusia relatif muda, mantan Kasubdit 3 Ditresnarkoba Polda Sumsel diketahui tidak kenal kompromi dengan tindak kejahatan. Terbukti saat berdinas di Res Narkoba Polresta Palembang sudah tidak terhitung lagi bandar Narkoba yang dijebloskan ke penjara. Seperti baru-baru ini Dirinya saat menjabat sebagai Kasat Res Narkoba telah berhasil mengamankan tiga terduga bandar narkoba di kota Palembang. Selain itu, pada Maret 2019 lalu, tercatat AKBP Siswandi juga berhasil mengungkap kasus yang cukup fantastis yakni berhasil menggagalkan 40 kg sabu-sabu siap edar dan 40 ribu butir pil ekstasi dari dua tersangka, Rio Ramadhani alias Rizka (25), dan Ismayandi Putra Wardana alias Andi (23).



Sebagai seorang Kapolres berlatar belakang Spsialis pengungkapan peredaran Narkoba, maka AKBP Siswandi SIK sangat tepat menjabat di Polres Prabumulih. Pasalnya Kota Nanas ini merupakan zona transit Narkoba terbesar di Sumsel. Hal ini juga dibuktikan dari berbagai kasus kejahatan tindak pidana, penyalahgunaan obat-obat terlarang merupakan peringkat tertinggi di di Kota Prabumulih. Tidak sedikit Warga bahkan ASN yang menjadi Korban zat adiktif berbahaya tersebut.


Selamat Datang dan selamat bertugas Kapolres Prabumulih AKBP, Siswandi SIK 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Pemerintahan

+
-->