-->

Iklan

Gubernur Sumsel Harapkan PBB Jadi Pelestari Budaya

junmanurung
08/09/20, 18:15 WIB Last Updated 2020-09-08T11:15:59Z
masukkan script iklan disini


POSMETRO, PALEMBANG - Organisasi kepemudaan yang dilatarbelakangi kesukuan diharapkan mampu menjadi pelestari budaya serta adat istiadat sukunya masing-masing. Sehingga semakin memperkaya hasanah budaya yang dimiliki masyarakat Sumsel. 


Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan Sumsel memiliki masyarakat yang cukup heterogen. Terdiri dari banyak suku, agama dan golongan. Kondisi ini tentunya memperkaya ragam budaya yang ada. Ia mengatakan perlu adanya legalitas perkumpulan masyarakat kesukuan agar proses pelestarian bisa lebih terorganisir. 


"Kita berharap nanti akan semakin banyak organisasi kepemudaan yang tumbuh. Sehingga akan membantu pemerintah untuk menyampaikan program dan kebijakan yang diusung," ujar Deru usai menerima audiensi Ketua DPD Pemuda Batak Bersatu (PBB) Sumatera selatan, Hotniel P Simorangkir, S.kom di Ruang Tamu Gubernur, kemarin (8/9). 


Deru menuturkan organisasi kepemudaan diharapkan dapat ikut berkontribusi memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat. "Aktif dalam kegiatan sosial terutama mensosialisasikan bahaya Covid serta membudayakan protokol kesehatan di setiap aktifitas," katanya. 


Gubernur juga meminta pengurus DPD PBB Sumsel menumbuhkan kesadaran masyarakat akan hukum. Untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan yang tidak baik dan dapat merugikan masyarakat itu sendiri. "Kami juga berharap PBB Sumsel bisa ikut serta menjaga predikat zero conflict di Sumsel. Pembentukan pengurus di tingkat kabupaten kota hingga kecamatan diharapkan dapat berdampingan dengan masyarakat di daerah," bebernya. 


Sementara itu, Ketua DPD PBB Sumsel, Hotniel P Simorangkir menuturkan kepengurusan DPD PBB Sumsel baru terbentuk sekitar 4 bulan terakhir. Namun, anggotanya saat ini sudah mencapai 3 ribu orang. Kepengurusan juga sudah terbentuk di tingkat kabupaten/kota. 


"DPC PBB kabupaten/kota yang sudah terbentuk saat ini ada di 8 kabupaten/kota. Untuk Kota Palembang sendiri kepengurusan sampai di tingkatan kecamatan. Ada 11 kepengurusan kecamatan yang sudah terbentuk," katanya. 


Hotniel menuturkan terbentuknya kepengurusan DPD PBB Sumsel ini bertujuan untuk melestarikan adat istiadat serta budaya suku Batak. Khususnya di kalangan pemuda. "Meskipun berada di tanah rantau, budaya Batak harus terus dilestarikan. Tentunya tetap berdampingan dengan masyarakat lokal," pungkasnya

Komentar

Tampilkan

Terkini

-->