-->

Iklan

Jelang Pendaftaran Bakal Calon Bupati, KPU PALI Gelar Rakor

25/08/20, 18:10 WIB Last Updated 2020-08-25T11:18:17Z
masukkan script iklan disini

POSMETRO, PALI - Memasuki masa pendaftaran bakal Calon Bupati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pali mulai menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder terkait di aula serbaguna Hotel Grand Charle Pali, Selasa (25/08/2020).


Rakor ini digelar mengingat dalam waktu dekat KPU Pali akan segera mengumumkan kepada publik syarat-syarat calon Bupati dan Calon Wakil Bupati berikut syarat-syarat pencalonan pemilihan kepala daerah (Pilkada) PALI 2020.


Ketua KPU Sunario, SE di sela-sela Rakor kepada Posmetro menyampaikan bahwa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati dimulai pada 4-6 September 2020. Disana nantinya kata Sunario, Setiap Calon harus sudah melengkapi syarat administrasi.



"Pada 4-6 September 2020 itu adalah hari pendaftaran bagi kandidat calon bupati dan wakil bupati. Maka untuk memperlancar pendaftaran tersebut, hari ini kita sampaikan syarat dan prasyarat administrasi pencalonan dalam rapat supaya dalam pelaksanaannya dilapangan bisa lancar tanpa kendala. Maka dari itu kita juga mengundang stakeholder terkait agar bisa menyampaikan kepada para calon yang bersangkutan" ujarnya.


Selain itu lanjut Sunario, Pihaknya juga tidak lupa mengundang pihak kepolisian. "Tujuannya tidak lain karna para bakal calon nantinya pasti membutuhkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Dalam hal ini, Kepolisian harus siap menerima setiap permohonan warga negara terlebih untuk syarat mencalonkan diri sebagai calon bupati atau wakil bupati" terang Sunario.


Dikatakan, koordinasi dengan dinas pendidikan ataupun Kemenag juga sangat diperlukan menyangkut verifikasi ijazah para calon bupati dan wakil bupati. Meskipun masih satu bulan, Sunario menyampaikan pihaknya memang sengaja memberitahu lebih awal.


"Hasil koordinasi hari ini akan disampaikan ke seluruh parpol di Pali. Lebih awal disampaikan maka lebih banyak waktu bagi para calon untuk mempersiapkan kelengkapan yang dibutuhkan dalam pencalonan diri ke KPU" paparnya seraya menambahkan Syarat mencalonkan sebagai bupati dan wakil bupati Pali ialah Warga Negara Indonesia dan yang terpenting ialah calon Bupati dan Wakil Bupati dapat memenuhi syarat.


Terakhir Sunario berharap para kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Pali yang akan mendaftarkan diri dapat dengan mudah melengkapi persyaratan dan tidak ada yang hal-hal terdampak hukum dimana ujungnya harus ke pengadilan. "Semoga semua tahapan yang bakal dilalui oleh para calon semua dapat terpenuhi" tandasnya.



Pantauan Posmetro di lapangan, Rapat koordinasi KPU dengan stakeholder kali ini dimasa pandemi covid-19   tetap  menjalakan aturan protokol kesehatan yang telah diatur dalam UU KPU No 6. Hal ini pun juga turut disosialisasikan peda peserta Rakor dan nantinya kan disampaikan kembali kepada masyarakat melalui pelopor relawan  Demokrasi yang telah direkrut sebelumnya oleh KPUD Pali. Protokol kesehatan nantinya saat pemungutan suara juga akan diberlakukan. (db)


Komentar

Tampilkan

Terkini

-->