-->

Iklan

Dekranasda Kota Prabumulih Ikuti Munas 2020 Secara Virtual

junmanurung
20/08/20, 18:41 WIB Last Updated 2020-08-26T11:42:14Z
masukkan script iklan disini

 


POSMETRO, PRABUMULIH - Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Prabumulih dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom, Rabu (19/8/2020).


Munas Dekranasda yang dipusatkan di Jakarta itu dibuka langsung oleh Ketua Umum Dekranas Hajjah Wury Ma’ruf Amin. Sementara pesertanya mencapai 490 orang dari berbagai Dekranasda Provinsi, Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia.


Hadir dalam Munas Dekranas melalui Vidcon di Kota Prabumulih yakni Ketua Dekranasda Kota Prabumulih Hj. Suryanti Ngesti Rahayu Ridho dan Wakil Ketua Dekranasda Kota Prabumulih Hj. Reni Indayani Fikri beserta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Prabumulih Muhtar Edi, S.Sos, M.Si.


Untuk diketahui, Tema yang diusung pada Munas Dekranas 2020 ini adalah Sisi Positif Pandemi Covid-19 : Momentum Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajinan Menuju industri 4.0. Tema ini dinilai sangat relevan dengan kondisi yang terjadi saat ini. Pandemi Covid-19 yang memaksa semua orang untuk beradaptasi cepat dan menyesuaikan kebiasaan dengan kondisi yang ada.


Dalam sambutannya, Ketua Dekranas Hajjah Wury Ma’ruf Amin mengatakan, Munas Dekranas 2020 dilaksanakan secara vitual karena masih dalam kondisi pademi Covid-19.


Wury berharap seluruh pengurus Dekranas dan Dekranasda se Indonesia diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah, serta pademi segera berakhir, sehingga masyarakat dapat beraktifitas kembali secara normal.


“Saya bersyukur Dekranas senantiasa tetap dapat terus ikut serta berkiprah membangun negeri melalui pelestarian pengembangan produk kerajinan berbasis sumber daya alam warisan tradisi dan budaya Indonesia. Belum optimalnya memanfaatkan teknologi digital pada promosi produk kondisi pandemic saat ini menjadi momentum yang bagus untuk lebih optimal memanfaatkan teknologi digital,” ujar Wury.


Dilanjutkan Wury, kondisi pandemi menyebabkan masyarakat tidak melakukan aktifitas yang melibatkan kontak fisik secara langsung sebagai upaya menjalankan protokol kesehatan Covid-19.


Sementara fungsi Dekranas sendiri, papar Wury, sebagai wadah pembinaan kerajinan budaya bangsa, cipta rasa yang menggambarkan keanekaragaman Etnik dan sekaligus sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat pengrajin.


Pembinaan dan pengembangan kompetisi anggotanya sehingga dapat merealisasikan tujuan organisasi, dan peningkatan kontribusi industri kerajinan dalam pembangunan nasional dan daerah serta peningkatan ekspor Non migas khususnya ekspor produk kerajinan.


Disela-sela acara Zoom Meting Munas Dekranas, Ketua Dekranasda Kota Prabumulih mengungkapkan Dekranasda Kota Prabumulih siap bersinergi dengan program Dekranas untuk memajukan insutri kreatif lokal khususnya inovasi dimasa pandemic Covid 19 untuk ikut menstabilkan ekonomi kerakyatan.

Komentar

Tampilkan

Terkini

-->