-->

Iklan

Persiapan PSBB. Herman Deru : Jangan Sampai Warga Kelaparan, Soal Dana Pemprov Siap Backup

21/05/20, 22:16 WIB Last Updated 2020-05-21T15:16:39Z
masukkan script iklan disini
POSMETRO, PRABUMULIH - Status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebentar lagi akan diterapkan di Kota Prabumulih. Hal ini tentu saja menindaklanjuti usulan PSBB yang diajukan Walikota Ridho Yahya kepada pemerintah pusat dan minggu lalu usulan tersebut sudah disetujui Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Lalu, apa yang akan terjadi dengan roda perekonomian di Kota Prabumulih? Jawabnya PSBB secara pasti akan berdampak terhadap semua sektor bisnis di Bumi Seinggok Sepemunyian.

Utamanya bagi sektor-sektor yang bukan bergerak dalam penyediaan kebutuhan dasar publik sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 9 tahun 2020 tentang pedoman PSBB. Sebab pada hakikatnya Prabumulih adalah kota dagang dan jasa di Provinsi Sumsel.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa dampak PSBB cukup besar. Pertama dampaknya hampir merata di semua sektor. Mulai dari usaha kecil hingga menengah. Namun yang perlu diingat ialah Kota ini harus segera terbebas dari wabah Covid-19 dan PSBB wajib dilaksanakan dan perekenomian juga harus berjalan dengan senantiasa mematuhi protokol kesehatan." ujar Gubernur Sumsel Herman Deru saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Prabumulih, Kamis (21/05/2020).

Pemerintah Kota Prabumulih lanjut dia harus mampu menyeimbangkan penerapan PSBB tanpa mengganggu dimensi perekonomian di Kota Prabumulih. "Harus seimbang. Jangan sampai penerepan PSBB mengakibatkan masyarakat kelaparan. Bagaimanapun, masyarakat terdampak harus menjadi prioritas. Bantuan jangan sampai terputus dan harus merata" ungkap Gubernur.

Mantan Bupati OKU Timur ini juga tidak menampik jika dampak langsung PSBB akan sangat terasa bagi masyakarat yang bekerja di sektor informal. Maka dari itu, ia menghimbau kepada pemerintah daerah untuk segera menyalurkan bantuan terlebih dahulu kepada pihak yang terdampak sebelum menerapkan PSBB. "Soal keterbatasan Pemerintah Daerah bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan kita siap memback-up hal itu" pungkasnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Pemerintahan

+
-->