Iklan

PDP NH Yang Meninggal Dunia Terkonfirmasi Negatif Covid-19

10/05/20, 19:23 WIB Last Updated 2020-05-12T12:23:42Z
masukkan script iklan disini
Petugas pemakaman dengan pakaian hazmat lengkap saat melakukan proses pemakaman terhadap jenazah almarhum NH di tempat pemakaman umum Kelurahan Patih Galung

POSMETRO, PRABUMULIH - Seorang wanita yang merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial NH (64), warga Kelurahan Prabumulih, Kecamatan Prabumulih Barat, yang dikuburkan dengan cara protokol Coronavorus Disease (Covid-19) Jumat (01/05) yang lalu, dipastikan tidak terpapar Covid-19.

Hal ini dibuktikan setelah hasil swab yang dikeluarkan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang disampaikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Prabumulih, Jumat (08/05).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Prabumulih, dr Happy Tedjo ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

“NH yang meninggal di rumah sakit Muhammadiyah hasilnya baru keluar tadi, hasilnya negatif,” ujar Tedjo saat dikonfirmasi, Sabtu (09/05/2020).

Berdasarkan hasil negatif tersebut, maka pihaknya mempertegas dan meminta agar masyarakat tidak lagi resah dengan telah dikeluarkannya hasil tes swab terhadap almarhum. Meski demikian, proses pemakaman terhadap pasien sengaja dilakukan sebagaimana protokol covid-19 untuk antisipasi tim medis dalam menangani jenazah PDP.

"Karena hasilnya saat itu belum diketahui. Sehingga pemakaman harus dilakukan secara protokol covid-19. Dan ini sudah disepakati oleh pihak keluarga almarhumah," jelasnya.

Ditanya mengenai penyebab meninggalanya NH di rumah sakit, Tedjo menuturkan jika yang bersangkutan memiliki penyakit sesak nafas atau paru kronis. Mengingat penyakit tersebut mirip dengan gejala covid-19 maka pasien dirawat sesuai prosedur dan protokol kesehatan covid-19.

"Intinya tidak ada penularan virus covid-19 terhadap pasien. Dan orang yang sudah kontak dengan pasien pun juga tidak perlu khawatir, karena hasilnya sudah jelas," tandasnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Pemerintahan

+
-->