-->

Iklan

Empat Rumah Di RKT Terendam Banir

01/02/20, 17:48 WIB Last Updated 2020-04-22T10:48:45Z
masukkan script iklan disini
Sejumlah petugas dari Polsek RKT dan Kecamatan melakukan proses evakuasi terhadap sejumlah warga yang rimahnya terendam air akibat meluapnya air Sungai Senuling dan Sungai Rambang

POSMETRO, PRABUMULIH - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini menyebabkan air Sungai Senuling dan Sungai Rambang yang berada di wilayah Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) jadi meluap.

Akibatnya sejumlah rumah warga yang berada dekat dengan aliran sungai mulai terendam air. Bahkan beberapa warga yang rumahnya terendam air harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan Camat RKT Danal Sapri bersama dengan Lurah Tanjung Rambang Iin Qori dan Kapolsek RKT Ipda Budiyono turun langsung ke lokasi banjir untuk memberikan himbauan kepada warga. Bagi warga yang rumahnya rentan terendam air dihimbau untuk waslada dan berhati-hati.

"Jika ketinggian air semakin tinggi kita minta agar warga segera meninggalkan tempat tinggalnya untuk sementara waktu. Kita alan bantu evakuasi ke tempat yang lebih aman," ujar Danal Safri didampingi Ipda Budiyono, Jumat (31/01/2020).

Danal menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Prabumulih untuk meminta penyaluran bantuan yang dibutuhkan oleh warga yang rumahnya terendam air. Sebab, sejauh ink telah ada sejumlah rumah yang telah terendam air.

"Ada empat rumah yang terendam air dan warganya juga sudah kita evakuasi. Untuk sementara waktu kita akan tempatkan mereka di tempat yang lebih aman seperti di rumah warga atau keluarga mereka yang rumahnya tidak terendam air," jelasnya.

Kapolsek RKT Ipda Budioyono menambahkan, derdasarkan hasil peninjauan di lokasi musibah banjir diketahui penyebab meningkatnya debit air sungai lantaran curah hujan yang tinggi. Selain itu, aliran sungai juga mengalami pendangkalan dan kurangnya tanam tumbuh sebagai resapan di sekitar sungai.

"Selain merendam beberapa rumah warga, air juga turut merendam akses jalan yang berada di Desa Rambang Senuling. Kondisi ini membuat aktfitas sebagian warga jadi terganggu," ujar Kapolsek RKT.

Menurutnya, saat ini volume debit air di aliran Sungai Senuling dan Sungai Rambang sudah mulai surut. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan air sungai akan melual jika intensitas hujan yang tinggi kembali terjadi.

"Warga yang rumahnya terendam air juga telah kita berikan bantuan sementara melalui program Jumat Berlah yang rutin dilakukan oleh Polsek RKT setiap Jumat,. Namun yang jelas kita tetap himbau kepada warga agar lebih waspada dan berhati-hati," imbuhnya
Komentar

Tampilkan

Terkini

-->