HEADLINE NEWS

Festival Band Semarakkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Segayam

POSMETRO, GELUMBANG - Tanggal 28 Oktober 2019 diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda yang ke-91. Ada makna yang mendalam bagi sejarah bangsa ini dalam isi Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928 itu, yakni ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan di arena Kongres Pemuda 91 tahun silam dihadiri oleh kaum muda lintas suku, agama, dan daerah, nantinya, 17 tahun kemudian, melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 1945.

Makna yang terkandung adalah bahwa peristiwa bersejarah itu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu".

Di era modern saat ini, setiap Pemuda Bangsa Indonesia juga kerap menunjukkan jati dirinya sebagai pemuda yang menghargai perbedaan dan terus berupaya menyatukan visi untuk mewujudkan pemuda Indonesia yang bermartabat.

Perwujudan tersebut kerap dituangkan dalam berbagai agenda kegiatan dan lomba sekaligus untuk menyemarkkan peringatan Hari Sumpah Pemuda 91 Tahun silam. Seperti yang digelar oleh Pemuda Desa Sgayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan siang tadi, Rabu (30/10/2019).

Untuk menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda, Generasi milinial Desa Segayam menggelar event Festival Band. Festival band pemuda ini diikuti puluhan grup band dari berbagai Daerah, yang dilaksanakan guna memberikan semangat kepada para pemuda yang ada di Sumatera Selatan Khususnya Kecamatan Gelumbang Muara Enim untuk mengisi pembangunan.

"Festival band ini kita gelar dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di tahun 2019," kata Ketua Panitia Festival Satrio Imam Wahyudi.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan pemuda di Kabupaten Muara Enim dapat membentuk sebuah wadah kreativitas melalui musik. "Kegiatan ini sangat penting untuk perkembangan pemuda di Gelumbang atau Muara Enim pada umumnya. Melalui kegiatan ini kita harapkan pemuda Gelumbang dapat menumpahkan kreativitasnya dalam bermusik" ujarnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Camat Gelumbang, beberapa tokoh perhimpunan pemuda, tokoh masyarakat dan Siswa/Siswi pelajar kecamatan Gelumbang.

Pantauan Posmetro.co.id di lapangan, salah satu band peserta festival asal Gelumbang bernama G3A Band tampak memukau ratusan penonton. Penampilan dan performa Band ini cukup menyita perhatian penonton. Dimana salah satu anggota Band bernama Gea (9) sebagai penabuh Drum tampil ciamik mengiringi musik dan vokalis saat bernyanyi.

Teriakan penonton pun pecah usai penampilannya berhasil dan sukses mengiringi lagu sang vocalis dengan baik. (Anil)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011