HEADLINE NEWS

Polsek Gelumbang Gelar Cek Kesehatan Tim Karhutla

POSMETRO, GELUMBANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim melalui Puskesmas Gelumbang bekerjasama dengan Polsek Gelumbang melakukan pengecekan kesehatan rutin tim BKO karhutla Muara Enim. Cek kesehatan yang dipusatkan di Mapolsek Gelumbang ini menindaklanjuti himbauan Kapolres Muara Enim AKBP.Afner Juwono SIK agar kesehatan tim BKO karhutla tetap terjaga.

"Dampak asap kepada tim satgas karhutla tersebut lebih berbahaya dari pada masyarakat umum yang terkena kabut asap, sehingga perlu dilakukan pengecekan kesehatan secara rutin," ujar Kapolres Muara enim melalui Kapolsek Gelumbang AKP Dwi Satya Arian SH, SIK pagi tadi usai menggelar apel cek kesahatan tim, Jumat (20/09/2019).

Dikatakan, Setiap pengecekan kesehatan, tim BKO karhutla juga diberi multivitamin suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, mengingat tugas mereka yang hampir setiap hari melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.


Dikatakan, petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan lebih rentan terserang Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), iritasi mata dan kulit. Karena itu petugas diimbau untuk menggunakan perlengkapan yang benar-benar dapat meminimalisir dampak asap dan api. Selain melakukan cek kesehatan, BKO Karhutla ini juga diberikan perlengkapan masker.

"Dalam beberapa hari terakhir, petugas tim BKO Karhutla secara non-setop melakukan upaya pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa titik di wilayah gelumbanh dan tentu saja cukup menguras tenaga karena harus melakukan pemadaman pada siang dan malam hari karena yang terbakar merupakan lahan gambut" ujarnya.

Dijelaskan Kapolsek, pemberian multivitamin suplemen dan pemeriksaan kesehatan secara berkala tersebut cukup membantu daya tahan petugas di lapangan.

Tidak lupa kapolsek menghimbau masyarakat untuk benar-benar menjaga lahan miliknya agar tidak teebakar. Terutama kepada perusahaan, mengingat saat ini sedikit saja sumber api dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan yang merugikan orang banyak.

Disinggung jumlah kekuatan personil karhutla yang dimiliki Polsek Gelumbang, Dwi mengungkapkan bahwa sejauh ini personil dinilai cukup. Dimana sebanyak 25 personil BKO Polres Muara Enim ditambah 6 personel Polsek Gelumbang.

"Sebanyak 25 petugas BKO Polres ditambah 6 dari Polsek Gelumbang jadi jumlah tim Karhutla keseluruhan mencalai 31" ujarnya seraya menambahkan kalau titik rawan Karhutla di wilayahnya berada di Desa Kayu Ara Batu, Kecamatan Muara Belida yang berbatasan langsung dengan Kebun Raya Bakung Ogan Ilir.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011