HEADLINE NEWS

Panen Raya Padi IP 200 Program SERASI, Begini Hasilnya


POSMETRO - Melakukan perjalanan yang cukup jauh melalui transportasi darat dan air, Gubernur Sumsel H. Herman Ddru, didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri, Kasdam II Sriwijaya Brigjend TNI Syafrial dan Plt Bupati Muara Enim H. Juarsah, siang melakukan Panen Raya dan Tanam Perdana Padi IP 200 program #SERASI 2019 seluas 2000 Hektare di Desa Arisan Musi Timur, Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim, Rabu (18/9).

Gubenur sengaja mengajak Kapolda Sumsel, Kasdam II Sriwijaya dan Plt Bupati Muaraenim pada panen dan penanaman perdana padi IP 200 untuk mencontohkan kerja yang nyata dan efektif kepada masyarakat. Karena selain meningkatkan produktivitas pertanian, cara ini juga dapat mencegah karhutla dengan mengoptimalisasikan lahan rawa dan gambut. 

Sejak diluncurkan bulan awal 2018, program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) di Provinsi Sumsel sudah terealisasi 70.000 hektare dari 200.000 hektare lahan yang ditargetkan. 

Dengan percepatan ini Gubernur optimistis Provinsi Sumsel bakal segera mengulang kejayaannya sebagai daerah lumbung pangan nasional seperti tahun 2007 silam.

"Saya tidak ingin pencanangkan program SERASI di Sumsel ini sia-sia. Makanya sebagai wujud nyata dukungan Saya pada petani, hari ini saya bawa Kapolda Sumsel, Kasdam II Sriwijaya dan semua Kepala OPD terkait untuk ikut panen raya di sini. Kalau tahun 2017 kita turun diperingkat ke 8, tahun ini target produksi kita minimal harus masuk 3 besar bahkan menjadi terbesar nasional pada tahun 2020" ujar Herman Deru.

Dikatakan, target tersebut sangat mungkin sekali mengingat di Muara Enim program SERASI telah meningkatkan produksi gabah kering panen dari sebelumnya 4,5 ton menjadi 7 ton lebih tiap hektarenya.

"Saya mengapresiasi kerja dinas pertanian Muaraenim dan Pemerintah daerah Muara Enim yang sudah menselaraskan program SERASI ini sampai ke masyarakat," jelasnya.

Di Sumsel Program SERASI menyebar di beberapa Kabupaten seperti Banyuasin, Muba, OKi, Muara Enim dan Pali.

Selain panen, dan menanam Padi IP 200, pada kesempatan itu Gubernur Sumsel juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada para petani seperti Hand Tractor, Bibit dan benih padi serta pupuk secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani di Desa Arisan Musi Timur Kecamatan Muara Belida.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Sumsel, Antoni Alam mengatakan lahan Serasi di Kecamatan Muara Belida Muara Enum tersebar  di 6 titik desa dengan total seluas 1500 hektar.

Penggarapan lahan di kecamatan tersebut baru dilakukan sekitar 8 hari yang lalu. Penggarapan lahan rawa menurut Antoni cukup efektif dalam mengoptimalkan hasil pertanian. Selama ini, untuk lahan rawa hanya bisa melakukan panen 1 kali (IP100). 

Saat ini sedang ditingkatkan menjadi 2 kali (IP200). Bahkan beberapa lahan sudah ada yang mencapai IP300.

Untuk penggarapannya, dilakukan secara modern dengan mengerahkan TR2 (Traktor roda 2), TR 4 (Traktor Roda 4) dan hand tractor untuk menggarap lahan.

" Kita berupaya mengedukasi petani untuk membuka lahan pertanian dengan tidak membakar lahan. Sehingga mencegah kejadian Karhutlah,” bebernya.


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011