HEADLINE NEWS

Jual Barang di FJB, Warga Karang Raja Diciduk Polda Sumsel

POSMETRO, PRABUMULIH - Junius Mustopa (41) Warga Jalan Sepatu Kelurahan Karang Raja Prabumulih Timur Kota Prabumulih, dengan terpaksa berurusan dengan aparat Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) unit IV Polda Sumsel akibat memperjualbelikan hewan langka dilindungi melalui forum jual beli media sosial facebook, Kamis (13/09/2019).

Informasi yang dapat dihimpun, Junius ditangkap Ditreskrimsus Polda Sumsel dikediamannya sendiri Jalan Sepatu Karang Raja. Ia diamankan berikut barang bukti hewan langka yang dilindungi, seperti seekor owa (anakan) monyet langka sumatera, seekor Siamang (anakan), dua ekor Binturong Sumatera atau musang langka.

Hewan langka dilindungi ini akan dijual lewat pasar online media Sosial Facebook. Kepada petugas Mustopa mengaku kalau hewan-hewan tersebut ia dapatkan juga dari forum jual beli online di Kota Prabumulih. "Aku dapetnyo dari grup jual beli facebook juga pak. La kubeli, rencano nak kujual lagi. Olehnyo harga pasar hewan ini lumayan bagus karna banyak peminatnyo" ujar Junius.


PLH kriminal khusus AKBP Suawaji mengatakan ungkapan kasus tersebut merupakan hasil dari penyelidikan yang dilakukan selama ini dan baru dapat kita ungkap.

"Sesuai pasal 21 ayat 2 Setiap orang dilarang menangkap melukai, membunuh, menyimpan dan memperniagakan satwa langka dilindungi dalam keadaan hidup"kata Suawaji.

Atas kejadian tersebut Mustopa diancam Undang-undang RI No 5 Tahun 1990 tentang KSDAE Pasal 40 jo Pasal 21 ayat 2 huruf a UU KSDAE dengan ancaman penjara selama 5 tahun atau denda paling banyak Rp.100.000.000

Ditempat Terpisah, Lurah Karang Raja Gunawan yang dihubungi Posmetro melalui telepon selulernya, membenarkan salah seorang warganya ditangkap oleh Polda Sumsel.

"Ia baru tau juga dari warga. Namanya Junius Mustopa. Yang bersangkutan ditangkap dengan kasus jual beli hewan dilindungi kemarin. Dengan kasus ini juga kita menghimbau kepada seluruh warga Karang Raja untuk tidak melakukan tindak pidana jual beli hewan langka apalagi hewan hewan tersebut sangat dilindungi. Sebagai warga yang taat hukum, kita dituntut berkontribusi untuk mencegah kepunahan hewan-hewan tersebut dengan tidak melakukan perburuan apalagi memperjualbelikannya" tegas Gunawan.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011