HEADLINE NEWS

Lagi-Lagi Mutasi Jabatan Pemkot Prabumulih Digelar

POSMETRO, PRABUMULIH - Kinerja dan Kesibukan Pemerintah Kota Prabumulih akhir-akhir ini setidaknya patut diapresiasi. Ditengah persiapan pembahasan KUA-PPAS, Pemkot juga disibukkan dengan persiapan perayaan Idul Adha 1440 H. Selain itu, persiapan pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel XII, Peringatan HUT kemerdekaan, Perayaan HUT Kota ke-18 dan yang terbaru kegiatan tahunan Lomba Gerak Jalan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74.

Ditengah kesibukan dan jadwal kerja yang padat, Pemkot Prabumulih juga tidak ketinggalan melakukan rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Prabumulih pagi tadi, Selasa (13/08/2019).

Usai melantik pejabat esselon III setingkat Kabid, Kasi dan Kasubbag di Dinas Perhubungan Jumat lalu (09/08/2019), kini Pemerintah Kota Pimpinan Ir, H Ridho Yahya MM itu kembali merotasi dua jabatan strategis yakni Sekretaris Dinas.

Jabatan tersebut tidak lain Sekretaris Dinas Perhubungan dan Sekretaris Dinas Kesbang Pol Kota Prabumulih. Pantauan di lapangan, pelantikan kali ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Prabumulih, Elman, ST. Kemudian hanya dua Pejabat yang mendapatkan rotasi jabatan. Rotasi jabatan juga merupakan Rolling Dinas. Dimana Sekretaris Dishub yang dijabat oleh Edi Maksum di isi oleh Lukman Hakim. Sementara Edi Maksum kini mengambil alih jabatan Lukman Hakim sebagai Sekretaris Dinas Kesbang Pol Kota Prabumulih.

Namun begitu, akibat Pelantikan yang tak ubahnya minum obat ala Pemkot Prabumulih ini banyak menuai tanggapan miring masyarakat. Salah satunya mereka, mempertanyakan kinerja Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

"Jika terus saja melakukan rotasi jabatan tanpa alasan yang jelas saya rasa bisa menimbulkan preseden buruk di tengah masyarakat. Kalau memang Pemerintah mengususung semangat pembaruan, kenapa pelantikan dicicil. Menggelar rotasi besar-besaran tentu bisa dilakukan dan lebih efisien juga menghemat anggaran" ujar Arfan Jemat (51) warga Prabumulih.

Dikatakan, tujuan rotasi jabatan untuk peningkatan kinerja pemerintahan tanpa dibarengi ketegasan dari Kepala Daerah, sampai kapanpun daerah itu tidak akan berubah. Ia menilai pelantikan sejauh ini ibarat seperti air mengalir. Masih jalan ditempat. Siapapun Walikotanya kondisinya tetap saja tidak berubah.

" Justru pelantikan yang kerap dilakukan menimbulkan kepanikan di lingkungan bawahan. Takut besok digantikan sehingga konsentrasi bekerja menjadi terganggu. Satu saran dari saya selaku warga, jika seorang pejabat politis ingin sukses, segera realisasikan janji kampanye. Apalagi kalau ada kontrak politik, niscaya para pendukungnya pun akan setia. Jika tidak, maka bukan tak mungkin pohon yang ditanam akan ditumbang sendiri oleh yang memeliharanya" pungkasnya.

Sementara itu, menyangkut Pelantikan dan gerbong mutasi jabatan dilingkungan Pemerintah Kota Prabumulih masih akan terus dilakukan. Hal ini diungkapkan oleh Sekda Kota Prabumulih dalam pelantikan Jumat kemarin.



Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011