HEADLINE NEWS

Walikota Prabumuih Ir, H Ridho Yahya MM Lantik Elman ST, MM Jabat Sekda Kota Prabumulih

POSMETRO, PRABUMULIH - Elman ST MM akhirnya resmi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Prabumulih menggantikan Drs H Asmuni Hambali yang merupakan PLT Sekda Kota Prabumulih. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Direktuur PT Tirta Prabumulih (PDAM) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) ini berhasil lolos setelah mengikuti berbagai proses seleksi pencalonan Sekda Kota Prabumulih.

Selain Elman, sederet nama pejabat
lainnya di lingkungan Pemkot Prabumulih yang mengikuti lelang jabatan Sekda Kota Prabumulih terdapat sebanyak 9 orang. Diantaranya, Hj Suryanti Ngesti Rahayu yang tidak lain adalah istri Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Ir Pribadi, Kepala Dinas Pertanian Drs Syamsurizal SP, Asisten 2 Yusuf Arni, Sekretaris Dewan (Sekwan) Heriyani SE MSi, Kepala Badan Kesbangpol Martodi HS MM, Kepala PPKB dan PPPA Drs Muhammad Ali dan Drs Aris
Apriadi MSi yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Namun, setelah dilakukan seleksi oleh Tim Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama (JPTP) hanya lima nama yang memenuhi syarat dan kriteria pencalonan. Kelima nama tersebut yakni, Elman ST MM, Heriyani SE MSi, Martodi HS MM, Drs Muhammad Ali dan Drs Aris Apriadi MSi.

Dari lima nama yang lolos dalam kriteria pencalonan itu, mereka
diwajibkan untuk mengikuti penilaian kompetensi manajerial (Assesment) di Puslitbang PKASN LAN RI Jatinangor. Akhirnya nama Elman pun berhasil lolos memenangkan lelang jabatan kursi Sekda Kota Prabumulih.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, seleksi pencalonan lelang jabatan sekda dilakukan secara ketat. Tidak hanya dilihat dari golongan pangkat semata. Namun peserta adalah orang-orang yang memiliki prestasi dalam menjalankan program kerja di
bidangnya.

"Untuk jabatan Sekda ini bukan sembarang orang bisa dipilih. Karena Sekda adalah jabatan tertinggi di ASN. Bukan seperti walikota maupun wakil walikota yang merupakan jabatan politik. Dan beliaulah (Elman, red) yang dinilai layak dan pantas untuk menduduki jabatan Sekda Kota Prabumulih," ujar Ridho kepada wartawan usai menggelar apel bulanan sekaligus pelantikan Sekda Kota Prabumulih, Senin (10/06).

Kepada Sekda terpilih, Ridho berharap bisa menjadi contoh yang baik bagi seluruh pegawai ASN di lingkungan Pemkot Prabumulih. Mengingat Sekda adalah jabatan tertinggi di ASN yang tentunya menjadi leader dan contoh bagi seluruh pegawai.

"Antara Sekda dan Walikota harus bisa bekerjasama dalam menjalankan program kerja serta roda pemerintahan. Jangan sampai Sekdanya melempem, menunggu perintah dulu baru bergerak. Yang kita inginkan adalah Sekda yang energik, smart, tegas dan cekatan. Dan saya yakin semua itu ada dalam diri Pak Elman," bebernya.

Ridho juga berterimakasih kepada Drs Asmuni Hambali yang telah bekerja dengan baik selama menjabat sebagai PLT Sekda Kota Prabumulih. Meskipun hanya menjabat selama dua bulan namun banyak hal dan gebrakan yang telah dilakukan.

"Bahkan dimasa pensiunnya semangat kerja beliau tidak pernah surut. Beliau mampu menjadikan dirinya sebagai panutan dan memberikan contoh yang baik kepada seluruh pegawai. Saya pribadi sangat mengapresiasi kinerja dan jasa beliau selama menjalankan tugasnya di Pemkot Prabumulih," ucapnya.

Sementara itu, Elman sendiri mengaku siap untuk menjalani tugasnya semaksimal mungkin sebagai sekda terpilih. Hal utama yang akan ia kedepankan adalah masalah kedisiplinan pegawai. Mengingat urusan kedisiplinan adalah tanggungjawab sekda selaku pejabat tertinggi ASN.

"Tidak hanya masalah kedisiplinan, Sekda dan seluruh ASN siap mendukung penuh seluruh program kerja Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih," jelasnya.

Bersama SKPD yang ada, suami dari Windriana ini menegaskan, ia dan seluruh ASN siap untuk mempercepat apa yang telah menjadi program kerja Pemkot Prabumulih untuk menuju Prabumulih Prima 2023. Seluruh program kerja yang ada pun juga sudah terangkum dalam RPJMD 2018-2023.

"Inilah yang menjadi kunci kita untuk menjalankan program kerja. Semua program yang terangkum harus terealisasi semaksimal mungkin. Seperti program sertifikat tanah gratis, bangun rumah baru, pembangunan infrastruktur, pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat dan lain sebagainya," pungkasnya. (adv/red)


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011