Iklan

Masjid Icon Kebanggan Karang Endah Selatan Dipercantik

19/11/16, 10:07 WIB Last Updated 2016-11-19T03:09:22Z
masukkan script iklan disini
GELUMBANG, PP - Masjid Babul Janah Karang Endah Selatan Kecamatan Gelumbang di Jalan Lintas Palembang - Prabumulih tercatat telah mengumandangkan adzan sejak masa penjajahan Belanda yakni pada 1933. Terletak di atas tebing dengan ketinggian 25 meter dari permukaan laut, menjadikan Babul Zannah semakin unik serta menjadi ikon kebanggaan masyarakat desa Karang Endah Selatan dalam menunaikan ibadah sebagaimana yang telah diatur dalam Agama Islam.

Guna mengenang sejarah-sejarahnya, kini masyarakat sekitar dengan budaya gotong royong mulai mempercantik fisik bangunan tanpa menghilangkan bagian-bagian originil Masjid. Satu unit alat berat berukuran besar tampak diterjunkan ke lokasi pembangunan Masjid guna pembersihan dan meratakan beberapa bagian lahan di sekitarnya guna kepentingan lahan parkir.

Mengingat letaknya yang berbatasan langsung dengan Jalan Negara dan merupakan jalan utama dari dan menuju Ibukota Propinsi Sumatera Selatan, beberapa warga juga terlihat mengawasi jalan raya guna mengantisipasi kecelakaan dari hilir mudik angkutan alat berat yang beroperasi di sekitar pembangunan Masjid siang tadi Jumat (18/11/2016).

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Ir Karman Basri ketika dijumpai dilokasi masjid Babul Janah mengungkapkan, bahwa kepudulian dalam mempercantik masjid Babul Janah yang letaknya di pinggir jalan negara ini, semata-mata hanya untuk mempermudah umat yang akan beribadah.

"Kita lihat selama ini halaman parkir masjid yang dulu sempit, kini akan kita perlebar agar umat yang akan melaksanakan ibadah sholat dari luar maupun warga setempat lebih mudah, Kita juga sebelumnya telah mengadakan musyawarah bersama Kepala Desa dan tokoh masyarakat untuk menjadikan masjid yang dapat dibanggakan karena masjid Babul Janah termasuk dibangun sebelum masa kemerdekaan RI" ujarnya.

Karman Basri juga mengakui bahwa kondisi masjid sampai saat ini masih kokoh. Untuk itu lanjutnya pihaknya berniat untuk mempercantik serta menambah apa-apa yang perlu di renovasi.

" Tentunya dengan kepedulian dan kebersamaan bergotong royong guna memakmurkan masjid yang kita miliki ini dapat terpelihara hingga ke Anak-anak dan cucu-cucu kita dalam melaksanakan ibadah. Insha Allah semoga mendapat rahmat dan barokah dari nya" terang Karman sebagai tokoh masyarakat setempat.

Pengurus masjid Babul Janah maupun tokoh agama desa Karang Endah Selatan H Zainudin dan Habiburahman mengungkapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah peduli dengan Masjid Babul Janah.

"Terimakasih kepada semua pihak yang turut serta mempercantik Masjid ini. Memang masjid Babul Zannah paling tertua di desa ini dan halaman parkirnya dulu sempit yang sekarang akan diperlebar guna mempermudah umat yang akan beribadah baik itu dari luar maupun masyarakat setempat, Kita juga mengaprisiasi kepada putra terbaik kita yaitu Ir Karman Basri dan juga Pemerintah setempat dalam memakmurkan masjid yang kita cintai ini. Semoga kepedulian ini menjadi ibadah untuk kita sekalian, Amin Yrb,’’ucapnya.(pp/jn)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Pemerintahan

+
-->