News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Santon : Tenaga Kerja Lokal Perlu Diutamakan

Santon : Tenaga Kerja Lokal Perlu Diutamakan

PRABUMULIH, PP - Keinginan Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya agar dibuat peraturan daerah (Perda) Perlindungan Tenaga Kerja Lokal (PTKL) sebagai upaya memberikan kesempatan kerja kepada tenaga kerja lokal di sejumlah perusahaan di kota Prabumulih, mendapat dukungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih, salah satunya Adi susanto (Santon).

Anggota komisi III DPRD Kota Prabumulih ini menuturkan jika Perda tersebut sangatlah dibutuhkan, mengingat selama ini sejumlah perusahaan kurang mengutamakan tenaga kerja lokal untuk direkrut.

"Kita sangat mendukung sekali Perda tersebut dibuat, pasalnya dengan banyak perusahaan yang merekrut tenaga kerja dari luar Prabumulih, mengakibatkan tingginya angka pengangguran di Kota Prabumulih," tuturnya.

Dengan adanya Perda tersebut, lanjut Santon sapaan akrabnya, dapat memberikan peluang bagi masyarakat Kota Prabumulih, sekaligus melindungi tenaga kerja lokal untuk diprioritaskan bekerja di sejumlah perusahaan yang membuka lowongan kerja (loker).

"Berdasarkan data Disnakertrans ada sekitar ratusan perusahaan di Kota Prabumulih, seharusnya perusahaan perusahaan tersebut memprioritaskan untuk merekrut tenaga kerja lokal, mengingat Perusahaan itu mencari pendapatan diwilayah Prabumulih," ujarnya.

Tak hanya itu, Santon mengungkapkan jika selama ini juga sejumlah proyek Pemerintah dalam pengerjaannya banyak memakai tenaga kerja dari luar Prabumulih.

"PT Pertamina dan anak perusahaannya juga banyak mempekerjakan di luar Prabumulih, hal ini seharusnya menjadi perhatian serius pemerintah dan juga perusahaan," ungkapnya.

Untuk itu, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini menegaskan kedepan Perda Perlindungan Tenaga Kerja Lokal harus segera dibahas dan disahkan.

"Tahun ini harus dibahas dan disahkan, karena dengan adanya Perda ini secara tidak langsung akan berimbas pada turunnya angka pengangguran dikota Prabumulih," tambahnya. (rmol)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.